Wan Zulkarnain Barus

Antropolog Universitas Sumatera Utara...

Selengkapnya
Navigasi Web
 KELUARGA KU KAMPUS KU (MEMPERINGATI LUSTRUM IV FAKULTAS PSIKOLOGI USU)
Penulis Ketika Berada di Universiti Malaya (Sumber : Dokumentasi Pribadi Penulis)

KELUARGA KU KAMPUS KU (MEMPERINGATI LUSTRUM IV FAKULTAS PSIKOLOGI USU)

Pagi ini hujan turun membasahi Kota Medan. Pagi ini, Sabtu, 7 Desember 2019 berlangsung acara lustrum memperingati berdirinya Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Tepat pada 1999 yang lalu berdiri satu lagi fakultas baru di lingkungan USU. Eksistensi fakultas baru ini adalah berawal dari Program Studi Psikologi yang berada di bawah Fakultas Kedokteran USU.

Bertempat di ruang serba guna lantai 2 Fakultas Psikologi USU, acara dimulai pada pukul 09.00 Wib. Setelah dibuka oleh pembawa acara, satu per satu rangkaian kegiatan pun berlangsung. Dimulai laporan Ketua Panitia Lustrum disampaikan oleh Wakil Dekan I Fakultas Psikologi, Drs. Eka Danta J. Ginting, MA. Dilanjutkan kata sambutan Dekan Fakultas Psikologi, Zulkarnain, Ph.D dan disambung pidato Rektor USU, dalam hal ini diwakili Wakil Rektor IV USU, Prof. Dr. Ir. Bustami Syam, M.S.M.E serta dilanjutkan oleh Ketua MWA USU sekaligus Ketua Persatuan Orang Tua Mahasiswa (POM), Drs. Panusunan Pasaribu, MM.

Fakultas Kekeluargaan

Suasana formal yang dibalut rasa kekeluargaan ini terasa kental. Walaupun nuansa acara berlangsung secara formal, namun bathin penulis merasakan suasana keakraban menyertai setiap orang yang berada di dalam ruangan. Masing-masing orang yang berperan dalam proses belajar mengajar, seperti dosen, mahasiswa, pegawai, alumni dan undangan ikut merasakan suka cita secara akrab dan intim.

Bukan saja ketika acara lustrum ini berlangsung. Suasana kekeluargaan juga berlangsung dalam keseharian kampus di fakultas ini. Tidak salah bila disebutkan bahwa Fakultas Psikologi USU ini merupakan fakultas kekeluargaan.

Beralih kepada acara lustrum yang penuh gembira, suka cita, riang dan berlangsung sangat cair itu, menjadikan mata bhatin penulis merasakan indahnya kehangatan yang dibangun. Hal itu, terlontar dari kalimat yang disampaikan Wakil Rektor USU. Beliau menyatakan bahwa Psikologi adalah salah satu fakultas andalan dan terbaik di Universitas Sumatera Utara. Selain itu, fakultas ini para dosennya mayoritas adalah kaum perempuan.

Membangun Jaringan

Dalam salah satu isi kata sambutannya, Dekan Fakultas Psikologi USU, Zulkarnain, Ph.D mengungkapkan bahwa fakultas telah membangun jaringan bukan saja dengan fakultas sejenis yang berada di Indonesia, namun juga telah membangun kerjasama dengan institusi yang berada di luar negeri.

Bukti dari telah dibangunnya jaringan itu, pada lustrum kali ini, juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Dr. Tjut Rifameutia Umar Ali. Ini menunjukkan bahwa keberadaan Fakultas yang berdiri 20 tahun yang lalu itu, sungguh diapresiasi secara personal dan institusional.

Mahasiswa Mitra Kerja

Dalam paparannya, Wakil Dekan I, Drs. Eka Danta J. Tarigan, MA mengemukakan bahwa mahasiswa sebagai salah satu civitas akademika ikut serta membangun fakultas dengan serapan kegiatan mereka atas anggaran yang disediakan fakultas. Berbagai prestasi telah diraih. Keberhasilan mahasiswa itu tidak terlepas dari bantuan finansial fakultas guna mendukung aktifitas akademik dan non akademik mereka.

Selain bantuan finansial, pimpinan fakultas dan jajaran staf pengajar juga memberikan ruang dan media kreasi bagi para mahasiswa dengan menyediakan tempat untuk berdiskusi di dalam kampus, majalah dinding kampus dan sarana lainnya.

Menghargai Sesama

Dalam kesempatan bertemu dan bicara dengan Wakil Dekan I beberapa waktu yang lalu, penulis memperoleh informasi bahwa para dosen terutama pimpinan fakultas selalu memberikan arahan dan pengajaran untuk menghargai sesama. Salah satu poin menghargai sesama yang ditanamkan di lingkungan fakultas adalah tidak menyepelekan pekerja cleaning service yang bertugas membersihkan ruangan maupun halaman kampus. Eksistensi para pekerja honor, apakah secara pribadi maupun melalui perusahaan penyedia cleaning service sangat dihormati dan dihargai.

Suasana bekerja di dalam kampus putih ini terasa nyaman. Pohon rindang mewarnai halaman kampus. Tata letak antara satu bangunan dengan bangunan lain juga terasa asri. Secara fisik dan non fisik Fakultas Psikologi adalah institusi yang mendukung mahasiswa menjadi insan yang memiliki rasa cinta kasih, menghargai sesama, ramah dan manusiawi.

Dalam kesempatan berbahagia ini, secara pribadi dan juga sebagai pengampu matakuliah Ilmu Budaya Dasar di Fakultas Psikologi, penulis mengucapkan selamat dan sukses untuk Fakultas Psikologi USU. Jayalah Psikologi USU.

Penulis adalah Antropolog USU dan Dosen Pengampu Matakuliah IBD Fakultas Psikologi USU Medan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post