Warnoto Fisika

Lulusan UNY tahun 2000 dari Pendidikan Fisika FMIPA, mengajar di SMA N 1 Subah Kab. Batang Jawa Tengah. Minat pada bidang Teknologi, Arsitektur dan Keagamaan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menulis Judul Reportase

Menulis Judul Reportase

Jujur saja saya pribadi tidak begitu tertarik dengan tulisan bergenri reportase. Kecuali, terhadap berita yang unik. Atau, yang berhubungan dengan hajat hidup baik diri sendiri ataupun masyarakat. Misalnya berita kenaikan gaji. Barangkali gurusianer lain juga demikian. Oleh karena itu ada tips yang saya pikir jitu untuk meningkatkan ketertarikan pembaca.

Apakah itu?

1.Menuliskan kejadian unik sebagai judul. Misal, "Puluhan Siswa Kerubuti Guru Pasca USBN" Ketimbang menuliskan "Pelaksanaan USBN di SMA N 1 Subah"

2..Mengutip pernyataan pembicara. Misalnya :" Anak Boleh Dibawa Berkampanye " Ketimbang menuliskan :" Sosialisasi Pemilu di Kecamatan Tulis Kabupaten Batang "

Dengan penyempitan judul seperti itu bukan berarti kita tidak boleh menulis paparan dalam rangka menjawab 5W sebagai ciri khas reportase. Tetap boleh. Demikian tips dari saya semoga bermanfaat. Cobalah (*)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus, Pak Warnoto. Pokoknya usahakan membuat judul yang unik sehingga menarik.

26 Feb
Balas

Njih Pak, Maturnuwun. saya sendiri belum mencoba. ha ha..

26 Feb

Tips menarik saya coba ah....

26 Feb
Balas

Monggo Bu, Barakallah.

26 Feb

Buatin judul Pak Noto...

26 Feb
Balas

iya Maturnuwun. saya sendiri belum mencoba. heeeeeee ha..

26 Feb

Sangat bermanfaat Pak. The power of judul.

26 Feb
Balas

Good, Succes and good Luck.

26 Feb

Mantap. Saya sendiri belum bisa menulis reportase yang benar. 1H5W. Saya ingat. Pak Warnoto. Barakallah

26 Feb
Balas

Terima kasih Pak Aly. Cobalah.

26 Feb

He he, Terima kasih Bu Fera. barakallah.

26 Feb
Balas

Sama Pak, saya jg sering gak baca reportase hehe. Inspiratif deh Pak. Barakallah

26 Feb
Balas



search

New Post