Wawan Setiawan

Guru Bahasa Inggris di SMK Negeri 2 Koba Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kep. Bangka Belitung...

Selengkapnya
Navigasi Web

Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif

Aksi Nyata Budaya Positif di Sekolah

Oleh : Wawan Setiawan, M.Pd

Calon Guru Penggerak Angkatan ke-6 Kabupaten Bangka Tengah

 

Judul Kegiatan

Menumbuhkan budaya positif nilai-nilai kebajikan Profil Pelajar Pancasila pada Peserta Didik dengan merancang sebuah Keyakinan Kelas.

 

Latar Belakang Masalah

Sekolah adalah tempat untuk menciptakan siswa/siswi yang disiplin. Akan tetapi, disiplin sering disalah artikan menjadi sesuatu yang kaku dan tidak nyaman seperti tata tertib, teratur, kepatuhan, bahkan hukuman. Padahal disiplin merupakan suatu upaya untuk membuat individu memiliki motivasi internal dengan mengontrol diri dan menguasai diri untuk bertindak mengacu pada nilai-nilai yang kita hargai.

Sehingga dengan memiliki disiplin dari dalam diri, maka nilai-nilai kebajikan akan tercipta dengan sendirinya tanpa adanya paksaan, hukuman, bahkan pujian dan hadiah.

Ruang lingkup yang kecil untuk mengimplementasikan disiplin positif tersebut adalah diruang kelas. Oleh karena itu, untuk mewujudkan sebuah disiplin positif yang mengandung nilai-nilai kebajikan Profil Pelajar pancasila (1) Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia. (2) Mandiri, (3) Bernalar Kritis, (4) Berkebinekaan Global, (5) Bergotong royong, dan (6) Kreatif kepada siswa/siswi yaitu dengan membuat “Keyakinan Kelas”.

Dengan membuat keyakinan kelas, nilai-nilai kebajikan Profil Pelajar pancasila akan terwujud dengan sendirinya karena keyakinan kelas merupakan hasil kesepakatan antara Guru dan Siswa/ siswi.

Hasil dari keyakinan kelas X AKL 1 adalah sebagai berikut:

Menjaga kebersihan dan ketertiban kelas Membaca kitab suci sebelum belajar dipagi hari Berdoa sebelum dan sesudah belajar Guru dan murid saling menghargai Menjaga kedisiplinan dengan car masuk kelas tepat waktu dan berpakaian rapi baik didalam maupun diluar sekolah Menjaga perlengkapan kelas

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

28 Oct
Balas

Trimakasih buk

28 Oct
Balas



search

New Post