Wendhie Prayitno

Wendhie Prayitno S.Kom, MT merupakan seorang pegawai di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tugas sehari-hari sebagai Widyaiswara di LPMP D. I. Yo...

Selengkapnya
Navigasi Web
Filosofi Tukang Kayu dan Kapaknya

Filosofi Tukang Kayu dan Kapaknya

Seorang TUKANG KAYU pekerjaannya menebang dan memotong2 kayu setiap hari. Si Tukang Kayu melakukan pekerjaannya setiap hari dengan sebuah KAPAK yg tajam selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Tetapi akhir-akhir ini, hasil kayu yang ditebang dan dipotong-potong tidak sebanyak dan sebaik hasil tebang dan potong pada tahun-tahun sebelumnya. Dia berpikir mencari tahu apa penyebabnya. Dia mengira mungkin karena usianya yang bertambah tua, dan tenaga yang sudah tidak sekuat dulu.

Analisa si TUKANG KAYU mungkin benar juga. Tapi dia lupa bahwa dia sudah lama tidak mengasah KAPAK yang digunakannya untuk menebang dan memotong kayu. KAPAK yang tidak pernah diasah itu akhirnya semakin hari menjadi tidak tajam sehingga sulit digunakan utk menebang dan memotong kayu. Hal ini mengakibatkan semakin berkurang jumlah pohon yg ditebang dan kayu yang dipotong.

Nah.. seperti itulah kira-kira diri kita dalam profesi kita sehari-hari. Otak dan pikiran kita, kita gunakan setiap hari berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Tapi jika otak kita tidak "DIASAH" dengan meningkatkan kapasitas atau kemampuan berpikir kita dengan berbagai cara belajar, maka "HASIL" yang akan diperolehpun tidak akan sebanyak dan sebaik dg sebelum-sebelumnya.

Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengasah "KAPAK" yang kita miliki, agar bisa digunakan untuk menebang "POHON" dan memotong "KAYU" dengan "HASIL" yang banyak (kuantitas) dan baik (kualitas).

Disarikan dari "Kisah Penebang Pohon" oleh Alwin agustian.

Semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kapak '212' Mr. Wiro Pak Wendi...

07 Dec
Balas



search

New Post