weti susanti, S.Pd, M.A

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
 Mengisi Acara di Radio 'HIJRAH CINTA MUSLIMAH'

Mengisi Acara di Radio 'HIJRAH CINTA MUSLIMAH'

"HIJRAH CINTA MUSLIMAH"

Bagian 1...

Ketika saya mengisi materi di Radio SIPP FM Padang diminta menjelaskan tentang Hijrah Cinta Muslimah berikut Penjelasannya.

Hijrah berasal dari Bahasa Arab yang artinya meningkalkan, menjauhkan dari dan berpindah tempat.

Dalam sejarah hijrah adalah kegiatan berpindahnya Nabi Muhammad SAW dan sahabat sahabatnya dari Mekkah ke Madinah.

Dengan merujuk hijrah yang dilakukan Rasulullah SAW itu Para ulama ada mengartikan hijrah adalah keluar dari kekufuran menuju keimanan.

Landasan tentang hijrah ini

pertama terdapat dalam surat al-Baqarah ayat 218:

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ هَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أُولَٰئِكَ يَرْجُونَ رَحْمَتَ اللَّهِ ۚ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Kedua terdapat dalam surat al-Anfal ayat 74:

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَهَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَالَّذِينَ آوَوْا وَنَصَرُوا أُولَٰئِكَ هُمُ الْمُؤْمِنُونَ حَقًّا ۚ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

Artinya : Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad pada jalan Allah, dan orang-orang yang memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki (nikmat) yang mulia.

Dan yang ketiga terdapat dalam surat at-Taubah ayat 20:

الَّذِينَ آمَنُوا وَهَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ أَعْظَمُ دَرَجَةً عِنْدَ اللَّهِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَائِزُونَ

Artinya : orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.

Berdasarkan ayat ayat diatas terdapat esensi kandungan tentang hijrah itu diantaranya :

1. Bahwa hijrah harus dilakukan atas niat karena Allah dan tujuan mengarah rahmad dan ridho Allah.

2. Bahwa orang orang yang beriman yg berhijrah dan berjihad dengan motivasi karena Allah dan tujuan untuk meraih ridho Allah, mereka itulah termasuk mu'min yang sejati yang akan memperoleh pengampunan dari Allah, memperoleh rezki (nikmat) yang mulia di Sisi Allah.

3. Hijrah dapat dilakukan dengan mengorbankan apa yang kita miliki termasuk harta benda bahkan jiwa.

4. Ketiga ayat tersebut menyebut tiga prinsip hidup, yaitu iman, hijrah dan jihad.

Iman bermakna keyakinan, hijrah bermakna perubahan dan jihad bermakna perjuangan dalam menegakkan Risalah Allah.

Bersambung....

Referensi : beberapa referensi bacaan

Tantangan menulis digurusiana

Ke 2

Padang, 20-7-2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post