Widayanti

Saya lahir di Purwakarta, 23 Oktober 1978. Saat ini saya bertugas sebagai Pengawas Sekolah Muda Pada MTs di Lingkungan Kemenag Kab. Purwakarta Jawa Barat|| Saya...

Selengkapnya
Navigasi Web
MICRO GUIDING SERTIFIKASI PEMBIMBING MANASIK HAJI PROFESIONAL 2024
Tulisan Ke-685

MICRO GUIDING SERTIFIKASI PEMBIMBING MANASIK HAJI PROFESIONAL 2024

Alhamdulillah, selama seminggu dari jam 04.00-23.00 WIB kami mengikuti kegiatan kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional 2024, dimana setiap hari selesai materi langsung diberikan Postes. Sebanyak 26 materi kami terima dari para Kyai dan pakar Ibadah Haji lainnya, dengan didampingi Asesor, dan Fasilitator dan Panitia yang hebat dari CHUC IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang menjadi pelopor Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional berbasis digital.

Penilaian tidak berakhir setiap hari, namun ada penilaian akhir setelah seluruh materi disampaikan, berupa Final Tes, dimana kami harus menjawab soal sebanyak 100 soal dalam waktu 100 menit. 

Penilaian selanjutnya, peserta mempraktekkan menjadi Pembimbing Manasik Haji Profesional dalam rangkaian Ibadah Haji kepada para Jamaah Haji dari semenjak di Tanah Air , Arab Saudi hingga pulang lagi ke Indonesia. Pengalaman yang berkesan, teringat kembali perjalanan ibadah haji Tahun 2016 lalu. 

Penilaian akhir di hari ke-7 adalah Micro Guiding. Apa itu Micro Guiding? Peserta diminta untuk menberikan pembimbingan manasik haji berupa teori kepada calon Jamaah Haji. Sungguh pengalaman luar biasa, saat peserta tidak diberi tahu dulu materi yang harus disampaikan. Materi dan siapa Peserta yang ditunjuk sebagai pemateri, ditentukan saat itu juga. Luar biasa, "deg-deg-an nya" melebihi "Sidang Disertasi". 

Terima kasih Kanwil Kemenag Jabar, Pemprov Jabar, LDNU PBNU dan IAIN Syekh Nurjati Cirebon atas terselenggaranya Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional 2024, yang Insya Allah bermanfaat. Semoga peserta yang dinyatakan lulus dapat memberikan bimbingan manasik haji kepada Jamaah Haji sehingga para Jamaah Haji menjadi Haji Mabrur. Apa itu Haji Mabrur?

 

Haji Mabrur adalah haji yang bersih, benar, dan baik, yaitu;

1. Bersih dalam niat

2. Benar dalam pelaksanaan

3. Baik dalam menjaga ibadah dan akhlak sepulang ibadah haji.

 

Asrama Haji Indramayu 

Jum'at, 23.02.24

Widayanti 

Pengawas Madrasah

LP Ma'arif NU PWNU Jawa Barat 

 

#KanwilKemenagJabar

#PemprovJabat

#LD_PBNU

#IAINSyekhNurjatiCirebon

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Reportase yang keren

24 Feb
Balas



search

New Post