Sri widi yuniantari,S.Pd.

Perkenalkan .. Saya adalah seorang istri dan Ibu dari beberapa putra/putri dan tinggal di kota Marmer Tulungagung-tepatnya di kecamatan Campurdarat. Selain me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kolak Ketela
https://images.app.goo.gl/ZRgp5hYKazY562iq6

Kolak Ketela

Kolak ketela adalah hidangan ringan terbuat dari campuran santan, gula, selembar daun pandan, sedikit garam dan irisan ketela. Hidangan ini biasanya dihidangkan hangat-hangat kuku sebagai makanan pembuka puasa ramadhan. Rasanya sangat gurih, empuk dan aman untuk pencernaan walaupun dimakan disaat perut kosong. Ada yang meyakini bahwa kolak ketela bisa mengusir sakit magh sehingga puasa Ramadhan bisa lancar tanpa hambatan. Itulah mengapa bila di Pedesaan, masyarakatnya lebih memilih kolak ketela untuk takjil karena hal ini sudah menjadi rahasia nenek moyang secara turun temurun yang dapat membuat puasa Ramadhan sebulan penuh bisa dijalani dengan baik, tanpa terkena sakit pencernaan atau sakit magh.

.

Cara membuat kolak Ketela yang yummy / enak adalah yang pertama pilih ketela yang masih fresh/baru dicabut dari tanah. Alasannya adalah agar ketela bila direbus bisa lekas empuk / tidak keras. Setelah itu ketela dikupas, dipotong kotak-kotak kecil ( atau sesuai selera ) dan dicuci sampai bersih. Yang kedua, peras parutan kelapa hingga jadi santan kental dan santan cair. Cara yang ketiga yaitu panaskan santan cair di dalam panci, dengan ukuran sesuai selera. Setelah mendidih, masukkan potongan ketela dan daun pandan. Aduk-aduk hingga semua ketela empuk dan beri gula secukupnya sesuai selera, tambahkan satu sendok teh garam dan aduk-aduk hingga mendidih. Setelah sekiranya rasanya sudah pas manisnya dan berbau harum/gurih, tinggal diangkat dan siap disajikan. Selamat mencoba ya ..

.

Tulungagung, 16 April 2021

Widi

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post