Wiji hastutik

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

ARKA (Anak Rusak Karena Ayah) Tagur 416

#Tantangan Gurusiana 365# Hari ke 416

ARKA (Anak Rusak Karena Ayah) 

Oleh Wiji Hastutik

 

"Maafkan kami ya, Maam" ucap seorang siswa berbaju muslim saat menghampiriku di ruang majelis guru.

"Emang kenapa, Bak? tanyaku meminta klatifikasi.

"Kami dikeluarkan, Maam" jawab anak tersebut yang bernama Arka.

Selaku sesama pendidik, tentu saja aku harus menjunjung tinggi keputusan yang telah diambul oleh stake holder meskipun sangat menyayangkan keputusan itu lantaran siswa itu sudah duduk di kelas sembilan.

Aku hanya memberi ya nasehat agar ia lebih disiplin, menghargai guru dan rajin belajar di sekolah baru. Arka menganggukkan kepala dan terlihat bulir bening menetes dari sudut matanya. 

Aku menjadi bingung, adalah hal yang salah yang kuucapkan. Aku menepuk pundaknya untuk menguatkan dan kutanya mana orang tuamu.

Air matanya semakin deras tak terbendung meski ia berusaha menutupinya dengan menekan ujung netra dengan jemarinya. Aku membawanya pindah ke ruang tunggu untuk menenangkannya.

Arka menarik nafas panjang dan mulai bercerita.

Singkat cerita, Arka dibesarkan oleh keluarga yang kurang harmonis. Ibunya yang tidak berpendidikan, tidak memiliki daya untuk bekerja dan memenuhi kebutuhan. Jika ia bekerja lalu siapa yang akan mengurus anak bungsunya yang baru berusia tiga tahunan.

"Lalu ayah kerja dimana, Nak? tanyaku 

Ayah jarang pulang, Maam. 

Jadi, kebutuhanmu sehari-hari, bagaimana? tanyaku lagi.

"Arka nggak tahu Maam, itu urusan Ibu. 

"Sekarang mana ibumu? tanyaku.

"Lagi ngurusin Ayah di Jambi," jawabnya.

Arka berusaha mati-matisn untuk menutupi prilaku buruh atahnya. Cerita punya cerita dari pamannya Arka. Ayah Arka ditangkap polisi karena kasus peredaran narkoba yang menjeratnya.

Aku mengelus dada, inilah sebenarnya yang mendasari kenakalan pada anak. Semoga kita selalu memberi nafkah halal pada anak setaw terus memberi kasih sayang yang cukup pada buah hati kita. 

Khusus buat Arya semoga menjadi anak yang tangguh dan bisa mengangkat derajat orang tua melalui prilaku dan prestasimu.

 

Muara Bungo, 5 November 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

06 Nov
Balas



search

New Post