Wimbo Dwi Antoro

Guru SD Negeri Jolontoro Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sepele / fatal ?

Bukan bermaksud untuk mencari kelemahan atau mengorek kesalahan orang jika di sini menampilkan gambar yang mengarah pada permasalahan yang akan dibahas. Sama sekali bukan untuk menunjukkan kejelian atau memperlihatkan kemampuan berbahasa jika dalam gambar tersebut dimunculkan "ketidak-pasan" penulisan. Terlebih gambar tersebut diambil dari karya seorang penulis hebat (terbukti dengan posisi kepopuleran beliau) yang sudah melintang di sini. Sangat kontras dengan saya yang 0 pengalaman, dan mungkin saja 0 pembaca. Tetapi justru karena itulah perlu adanya pencerahan, setidaknya untuk membesarkan hati yang selama ini terus dihantui ketakutan bahwa untuk "menulis" harus sesuai dengan seabrek peraturan yang biasa dikenal dengan kaidah penulisan sesuai EYD.

Pertanyaan-pertanyaan yang kemudian muncul setelah membaca karya dalam gambar yang ditampilkan adalah:

"Mengapa kesalahan tersebut terjadi?"

"Apakah ada unsur kesengajaan?" (Yang ini pasti harusnya jawabannya "Tidak")

"Apakah ada kerancuan dalam penulisan awalan dan kata depan?"

"Apakah sebelum memostingnya tidak dilakukan review dan editing sendiri?"

"Apakah karena kepercayaan diri penulis sehingga menganggap tulisannya sudah benar?"

Atau...

"Apakah penulis menganggap bahwa pembaca tidak akan sejeli editor?"

Hingga pertanyaan-pertanyaan tersebut bermuara pada pertanyaan "Kaidah penulisan awalan "di-" dan kata depan "di" sebenarnya merupakan hal yang sepele atau penting untuk diperhatikan"

Mohon dengan sangat untuk pencerahannya, mengingat banyak hal yang sepertinya sepele tetapi ternyata berdampak besar. Tentunya akan ada subyektifitas dalam tanggapan yang muncul, namun ada kalanya obyektifitas juga harus dijunjung tinggi demi kebaikan dan perbaikan semua.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Seharusnta tidak terjadi pak, tp mungkin karena ngetiknya gunakan hp, terjadilah seperti ini. Bisa diberikan masukan pak. Sukses selalu dan barakallah

01 Nov
Balas

terima kasih Ibu.. terus terang ini utamanya untuk pembelajaran saya pribadi dulu. sekali lagi terimakasih untuk responnya. barakallah..

01 Nov



search

New Post