wirdayane

Wirdayane,S.Pd.SD Lahir di Padang pada tanggal 27 Oktober 1970. Bertugas di SDN 017 Seberang Tembilahan sejak 1998 sampai sekarang. Tinggl di Jalan Telaga Bi...

Selengkapnya
Navigasi Web

Resolusi di Tahun 2018

Memberi Teladan

Tahun 2017 sebentar lagi akan berakhir,tinggal menghitung hari

Di tahun ini aku merasakan sebuah revolusi dalam kehidupanku,terutama dalam peningkatan profesiku.Bukan menjadi kepala sekolah atau guru berprestasi tapi kurasakan revolusi dalam peningkatan kompetensi.Bermula dari pelatihan Sagusaku yang diadakan Media guru yang kudapat infonya di sosial media merubah meansetku dari guru yang hanya mengajar kini aku lebih menginginkan memberikan motivasi kepada siswa-siswaku dan reka seprofesiku.Ini bukan hal yang mudah untuk terealisasi,seoerti sering kudengar sangat sulit untuk memotivasi orang yang dekat dengan kita,hal ini yang menjadi tantanganku.Tantangan ini yang akan aku hadapi.

Untuk menghadapi tantangan ini kiat yang sudah kuancsng afalah memberi teladan.Aku pernah membaca di zaman sekarang sering sekali kita sebagai orang tua,guru atapun pemimpin jarang memberi teladan,padahal teladan sangat besar pengaruhnya terhadap perilaku seseorang.Seorang orang tua harus mampu membwri teladan terhadap anak-anaknya.Giru memberi teladan terhadap siswanys dan seorang pemimpin memberi teladan terhadap rakyatnya.Dengan keteladanan ini aku berharap dapat memotivasi siswaku,rekan-rekanku dan orang-_orang di sekitarku

Dalam menularkan virus literasi di sekolah,aku akan menampilkan hasil karyaku sendiri,seperti menampilkan karya buku hasil tulisanku,kumpulan puisi,artkel dan cerpen yang sudah kutulis.Penampilan buku hasil karyaku akan dipromosikan di sekolah tempatku bertugas,buku yang berisi manfaat menggunakan congjklak dalam pembelajaran mudahan memotivasi rekan guru untuk menggunakan media dalam pembelajaran sehingga materi yang diajarkan tertanam konsepnya dalam diri siswa .Mengkongkritkan sesuatu yang abstrak dan melatih motorik siswa dalam pembelajaran.

Puisi yang kutulis akan ditampilkan di mading sekolah begitu pula dengan cerpen-cerpen yang ada.Semua ini memberikan teladan dan pemahaman bahwa guru bisa bekarya kalau mau belajar dan berusaha.

Selain memberikan teladan hal yang penting harus dilakukan adalah memberikan motivasi kepada siswa ,rekan guru dan orang di sekitar kita.Dengan motivasi yang kita berikan membuat mereka ingin menjadi seperti tujuan kita.Dalam hal ini kita bisa memberikan buku hasil karya oramg lain untuk dibaca,atau dengan membimbing siswa untuk rajin mebaca sehingga mempunyai pengetahuan yang luas dan mempunyai banyak kosakata.

Langkah ini sudah kumulai setelah selesai pelatihan sagusaku terutama dalam kelasku sendiri.Alhamdulillah sudah ada hasilnya yaitu kumpulan puisi.Pada tahun 2018 hal ini yerus dilanjutkan ke ruang lingkup yang lebih besar yaitu siswa kelas lain,rekan di sekolah bahkan juga rekan guru dalam gugus serta mereka yang ingin menulis.

Mudahan Yang Kuasa meridhoi apa yang aku lakukan,sehingga ilmu yang kudapat di pelatihan sagusabu dapat bermanfaat bagiku sendiri,siswa-siswaku,rekan sekerja dan orang sekitar kita tahu bila kita mudah berbagi pafa orang lain maka Allah akan memudahkan urusan kita.Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin...

30 Dec
Balas

Smga thn 2018 lebih sukses......

30 Dec
Balas

Makasi pak Hari Prasetio

01 Jan

Makasi Sarahyudi

30 Dec
Balas



search

New Post