wisri atuti

Ingin menjadi manusia yang bisa berbagi kebaikan...mulai dari diri sendiri, mulai dari hal-hal yang kecil, mulai dari sekarang....

Selengkapnya
Navigasi Web
Berkat yang dikemas cantik

Berkat yang dikemas cantik

Indonesia dengan keanekaragaman budayanya sangat menarik untuk dipelajari. Salah satu kebiasaan yang bisa ditemukan di berbagai suku, misalnya tradisi selamatan atau kendurian. Yang dihadiri oleh warga dalam satu RT atau desa.

Selamatan dilakukan sebagai rasa syukur atas suatu peristiwa. Contohnya, kelahiran, khitanan, pernikahan, tujuh bulanan, dan sebagainya. Bisa juga memperingati hari keagamaan tertentu. Sebagai contoh, Maulid, Isro' Mi'raj atau jelang Ramadhan.

Yang menarik, orang - orang yang datang dalam selamatan, pulangnya akan diberi bingkisan yang disebut berkat. Ada banyak cara membuat berkat. Begitupun isinya, bisa bermacam - macam. Biasanya berkat berupa nasi lengkap dengan lauk pauknya.

Disuatu desa di Jawa Tengah, ada yang unik dari bentuk berkatnya. Dikemas dengan menarik dengan isi makanan kecil yang beragam. Tradisi seperti ini hanya terjadi pada selamatan memperingati Isro' Mi'raj saja. Dan itu sudah berlangsung sejak dahulu.

#menulistanpajeda#065

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Jadi kangen berkat saya Bunda. Sukses dan semangat

25 Feb
Balas

Terima kasih Bu ...sukses juga buat ibu yang selalu semangat

25 Feb



search

New Post