Witri Rahayu

Witri Rahayu adalah seorang guru yang mengajar di SDN Tebet Timur 07. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Black Butler

Black Butler

#TantanganMenulis Hari ke-20

Jodoh memang tidak kemana. Setelah pernah menonton animenya beberapa tahun, akhirnya dipertemukan kembali dengan manga/komiknya. Benar pepatah lama mengatakan, "Kalo jodoh tak kemana".

Akan saya ceritakan secara singkat manga ini. Selanjutnya baca sendiri manganya dan tonton animenya.

Judul mangnya adalah Black Butler atau bahasa jepangnya Kuroshitsuji . Merupakan manga karangan Yana Toboso yang diterbitkan tahun 2006. Bercerita tentang keadaan di London pada sekitar abad ke-19. Kala itu London sedang dipimpin oleh Ratu Victoria.

Terdapatlah seorang anak kecil yang bernama Earl Phantomhive atau biasa dipanggil Ciel. Seorang anak kecil dari keluarga Phantomhive. Keluarga ini dijuluki sebagai "Anjing penjaga ratu". Tugasnya adalah menjadi pelayan setia ratu dengan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Ratu Victoria. Tugas ini berbeda seperti polisi yang bekerja secara terbuka. Mereka me jalankan tugas secara terselubung. Tanpa diketahui oleh orang umum.

Ciel pun tak luput dari tugas yang diwariskan oleh keluarganya. Ciel mempunyai kenangan yang buruk yang membuatnya cukup trauma sehingga dia sering bermimpi buruk ketika tidur. Hal ini dikarenakan pada saat ulang tahunnya yang ke-10, kedua orang tuanya dibunuh dan rumah mewah tempat tinggalnya dibakar.

Sementara Ciel di diculik dan dijadikan persembahan oleh kelompok bangsawan pemuja iblis. Ciel disekap dan mengalami beberapa penyiksaan selama sebulan di tempat tersebut. Salah satunya Ciel mendpat setempel panas di punggungnya. Jika di manga, setempelnya ada di dada.

Ketika sang iblis datang, iblis tersebut malah menawarkan perjanjian dengan Ciel. Iblis tersebut berjanji membantu Ciel untuk balas dendam kepada orang-orang yang membunuh keluarganya dan yang telah menyiksa dirinya. Sedangkan Ciel menawarkan jiwanya kepada iblis tersebut jika dendamnya terbalaskan.

Ciel memberi nama iblis tersebut Sebastian Michaelis. Seperti nama anjingnya yang ikut terbunuh di ulang tahunnya. Iblis tersebut menjelma sebagai pelayan yang serba bisa dengan berpenampilan rapi dan elegan. Bukti kontraknya dengan iblis, di mata Ciel terdapat tanda kontrak. Oleh karena itu Ciel selalu memakai penutup mata sebelah. Sedangkan tanda kontrak di Sebastian terdapat di punggung tangannya.

Genre komik ini adalah fiksi sejarah, black komedi, dark fantasy, dan psychological thriller.

Membaca komik ini, banyak hal yang dapat kita ambil hikmahnya. Antara lain: jangan mudah putus asa, belajarlah selalu, jangan bergantung pada orang lain, dan yang pasti jangan menyekutukan Allah. Jangan sampai melakukan perjanjian dengan iblis. Karena semakin jahat jiwa kita, iblis akan semakin menganggap jiwa kita semakin lezat untuk dimakan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post