Wiwik Setiandani, SE, M. Pd

Nama saya bu Wiwik Setiandani. Ibu dari 4 anak. Lahir di jakarta, 29 September 1976. Alamat :Kampung Cikoleang, Desa:Sukamulya, Rumpin-Bogor,16350. Pendidikan S...

Selengkapnya
Navigasi Web

Perpustakaan Yang Inovatif (80)

PERPUSTAKAAN YANG INOVATIF

#Tantangan Gurusiana hari ke 18

Upaya meningkatkan minat masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan, diperlukan langkah nyata agar bisa memunculkan motivasi dalam diri setiap masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan.

Perpustakaan inovatif, adalah perputakaan yang sangat fleksibel dan didesain sesantai mungkin, dengan kombinasi program perpustakaan.

Kombinasi ini dimaksudkan untuk menarik perhatian calon pengunjung perpustakaan yang berumur lebih tua atau yang lebih serius dan pengunjung yang lebih muda dan remaja yang terbiasa dengan lingkungan kafe yang "nyaman".

Kombinasi ini diharapkan dapat menarik perhatian pengunjung secara signifikan. Sedangkan untuk menarik minat anak-anak, juga dapat disiapkan taman bermain.

Perpustakaan inovatif harus memiliki desain yang menjadikan perpustakaan dayang bersih dan nyaman. Perpustakaan ini juga dilengkapi dengan petugad layanan bacanyang bekerja sekaligus sebagai pustakawan yang ramah dan proaktif. Perpustakaan inovatif ini menyediakan banyak meja dan kursi yang di tata senyaman mungkin.

Meja dihiasi dengan berbagai buku-buku dan majalah yang dapat dibaca oleh pengunjung secara gratis, .

Mungkin gambaran umum dari perpustakaan inovatif ini adalah perpustakaan yang dikelilingi oleh media promosi. Bagi pengunjung yang menginginkan suasana yang tenang bisa masuk ke bagian dalam perpustakaan.

Sedangkan bagi yang menginginkan suasana yang dapat menggunakan bagian yang mengelilingi perpustakaan bagian dalam. Baik bagian dalam, maupun bagian luar, sama-sama dapat memberikan pelayanan maksimal yang mampu menyediakan buku-buku yang lengkap dan menarik.

Buku-buku yang diletakkan di atas meja selalu berganti judul setiap harinya. Hal ini harus dilakukan untuk menghindari kebosanan pengunjung. Jika pengunjung masih juga merasa bosan dengan buku yang ada, karena mungkin tidak ada buku yang menarik baginya, pengunjung dapat meminjam buku kepada pustakawan yang ada.

Sebagaimana tempat yang digunakan juga untuk menjadi tempat forum diskusi, maka perpustakaan inovatif juga harus sering atau bahkan secara teratur menjadi tempat diskusi dengan tema-tema yang sedang aktual.

Untuk hari-hari tertentu tema diskusi ditujukan kepada remaja atau orang muda. Lalu di hari-hari lain ditujukan untuk pengunjung dewasa atau yang lebih serius.

Perpustakaan inovatif tentu dilengkapi sarana prasarana tertentu yang mampu menciptakan suasana yang nyaman dan damai. Bonus-bonus juga bisa diberikan untuk pengunjung tertentu, misalnya karena angka kunjungannya sudah mencapai angka sekian.

Perpustakaan inovatif dapat dikelola dengan konsep profit oriented,karena menjual produk men Meski demikian tujuan utamanya atau tujuan jangka panjangnya adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Setidaknya ada 2 keuntungan dari konsep perpustakaan inovatif ini. Pertama, mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menjadikan masyarakat gemar berkunjung ke perpustakaan, sehingga minat baca masyarakat meningkat.

Kedua, memperoleh keuntungan finansial dari perpustakaan inovatif. Hasil keuntungan tersebut dapat digunakan untuk biaya operasional perpustakaan, atau untuk pengembangan lebih lanjut, atau untuk tujuan kemandirian perpustakaan agar tidak selalu bergantung pada bantuan dana pemerintah pusat dan daerah.

Konsep perpustakaan inovatif merupakan langkah penting untuk dilakukan, agar minat baca masyarakat Indonesia dapat meningkat. Selain itu, memang saatnya wajah lll"lberpustakaan Indonesia berubah dengan wajah yang menyenangkan namun tetap mengemban tugasnya untuk mencerdaskan bangsa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post