Pelaksanaan STEAM di PAUD
Bismillah,
Akhir akhir ini di pendidikan anak usia dini agak heboh dengan pembelajaran STEAM, termasuk saya juga, hehe.
Hingga saya mencoba mencari informasi bahkan mengikuti seminar tentang hal ini ditambah lagi penjelasan Dosen S2 saya tentang STEAM di oranisasi. STEAM untuk sebuah organisasi baik organisasi kerja maupun organisasi sekolah Science , tehnology, engenering, art and matematik.
Baik, kita mulai dengan kata kata yang berhubungan dengan STEAM:
amati, rencanakan, catatlah, selidiki, pecahkan, masalahnya, berbagilah, temukan diskusikan cobalah, jelaskan bandingkan hitunglah, rancanglah gambarkan ukurlah, semua mengarah pada suatu pengamatan atau penelitian, dan ini sangat mirip dengan model saintifik pada RPPH yang kita gunakan saat ini
mengapa perlu STEAM ?
Perlunya angkatan kerja yang kreatif, kritis, inovatif, problem solver, kolaboratif, dan komunikatif.Penggunaan pengetahuan STEM diperlukan di setiap pidang pekerjaanKebutuhan dunia kerja yang berhubungan dengan STEM sangat tinggi (di USA, th 2018 : 17%, pek lain9.8%)STEM telah terbukti membantu meningkatkan kepemimpinan saintifik untuk pertumbuhan ekonomi (Dewan Riset Nasional USA 2011) lalu Art melengkapi untuk seni mengkomunikasi, seni untuk mengkreasikanSEPERTI APA STEAM DI PAUD ?
1 STEAM adalah kegiatan yang terbuka
2 Kegiatan STEAM memiliki lebih dari satu jawaban benar
3 Lebih mementingkan proses daripada hasil akhir
4 Guru sebagai fasilitator yang membantu anak berpikir lebih jauh lagi dan mampu memecahkan
masalah (problem solving
*STEAM mendorong anak untuk membangun pengetahuan tentang dunia di sekelilingnya melalui
mengamati, menanya, menyelidiki (mengumpulkaninformasi), menalar dan mengomunikasikan*
Dalam penjelasan seminar, kegiatan STEAM ini mengambil contoh Pisang
SAINS
Bertanya
Carilah karakteristik pisang
Selidiki lebih dalam lagi
pisang itu
Bandingkan
Buat prediksi
TEKNOLOGI
Mengolah buah pisang menggunakan berbagai alat
Mencari informasi lebih dalam lagi tentang pisang menggunakan internetcontoh yang saya
berikan sebagai model STEAM ini adalah pisang
ENGINEERING
•Mengolah buah pisang
menjadi makanan
•Membuat selai pisang
•Menggunakan daun
pisang untuk bungkus,
hiasan, dsb
ART
Secara alami, kaitkan art ke semua
bidang STEM yang dieksplorasi.
Mis :
•menghias makanan olahan pisang
•menggambar / melukis pisang
•membuat pisang dari playdough
•bernyanyi/berjoget tentang pisang
MATEMATIKA
Memilih dan memilah pisang
Membeli pisang
Mengukur, membandingkan ukuran pisang
Menghitung jumlah buah pisang dalam satu tandan
inilah kegiatan pembelajaran dengan model STEAM di PAUD
lalu bagaimana dengan pen ggunaan loose part?
loose part itu dalam bahasa inggris, kalo di negara
dikenal dengan bahan atau barang bekas, jadi teman-teman sesuaikan saja dengan materi yang ada di kelas.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar