Wiwik Suryandarini

Tinggal di Jakarta Selatan, saat ini sedang belajar di PTIQ Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Manajemen PIAUD. Menulis buku Oase Cinta di Pinggiran...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pelaksanaan STEAM di PAUD
STEAM

Pelaksanaan STEAM di PAUD

Bismillah,

Akhir akhir ini di pendidikan anak usia dini agak heboh dengan pembelajaran STEAM, termasuk saya juga, hehe.

Hingga saya mencoba mencari informasi bahkan mengikuti seminar tentang hal ini ditambah lagi penjelasan Dosen S2 saya tentang STEAM di oranisasi. STEAM untuk sebuah organisasi baik organisasi kerja maupun organisasi sekolah Science , tehnology, engenering, art and matematik.

Baik, kita mulai dengan kata kata yang berhubungan dengan STEAM:

amati, rencanakan, catatlah, selidiki, pecahkan, masalahnya, berbagilah, temukan diskusikan cobalah, jelaskan bandingkan hitunglah, rancanglah gambarkan ukurlah, semua mengarah pada suatu pengamatan atau penelitian, dan ini sangat mirip dengan model saintifik pada RPPH yang kita gunakan saat ini

mengapa perlu STEAM ?

Perlunya angkatan kerja yang kreatif, kritis, inovatif, problem solver, kolaboratif, dan komunikatif.Penggunaan pengetahuan STEM diperlukan di setiap pidang pekerjaanKebutuhan dunia kerja yang berhubungan dengan STEM sangat tinggi (di USA, th 2018 : 17%, pek lain9.8%)STEM telah terbukti membantu meningkatkan kepemimpinan saintifik untuk pertumbuhan ekonomi (Dewan Riset Nasional USA 2011) lalu Art melengkapi untuk seni mengkomunikasi, seni untuk mengkreasikan

SEPERTI APA STEAM DI PAUD ?

1 STEAM adalah kegiatan yang terbuka

2 Kegiatan STEAM memiliki lebih dari satu jawaban benar

3 Lebih mementingkan proses daripada hasil akhir

4 Guru sebagai fasilitator yang membantu anak berpikir lebih jauh lagi dan mampu memecahkan

masalah (problem solving

*STEAM mendorong anak untuk membangun pengetahuan tentang dunia di sekelilingnya melalui

mengamati, menanya, menyelidiki (mengumpulkaninformasi), menalar dan mengomunikasikan*

Dalam penjelasan seminar, kegiatan STEAM ini mengambil contoh Pisang

SAINS

Bertanya

Carilah karakteristik pisang

Selidiki lebih dalam lagi

pisang itu

Bandingkan

Buat prediksi

TEKNOLOGI

Mengolah buah pisang menggunakan berbagai alat

Mencari informasi lebih dalam lagi tentang pisang menggunakan internetcontoh yang saya

berikan sebagai model STEAM ini adalah pisang

ENGINEERING

•Mengolah buah pisang

menjadi makanan

•Membuat selai pisang

•Menggunakan daun

pisang untuk bungkus,

hiasan, dsb

ART

Secara alami, kaitkan art ke semua

bidang STEM yang dieksplorasi.

Mis :

•menghias makanan olahan pisang

•menggambar / melukis pisang

•membuat pisang dari playdough

•bernyanyi/berjoget tentang pisang

MATEMATIKA

Memilih dan memilah pisang

Membeli pisang

Mengukur, membandingkan ukuran pisang

Menghitung jumlah buah pisang dalam satu tandan

inilah kegiatan pembelajaran dengan model STEAM di PAUD

lalu bagaimana dengan pen ggunaan loose part?

loose part itu dalam bahasa inggris, kalo di negara

dikenal dengan bahan atau barang bekas, jadi teman-teman sesuaikan saja dengan materi yang ada di kelas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post