wiwin sumariyati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Datang Bersih Pulang Bersih

Datang Bersih Pulang Bersih

Datang bersih pulang bersih, ungkapan ini sederhana tapi penerapannya perlu pembiasaan dan dukungan semua pihak. Biasanya yang sering terjadi, saat datang bersih, usai kegiatan sampah berserakan di mana-mana. Seakan-akan itu tanggung jawab tuan rumah atau panitia. Para tamu melenggang dengan leluasa tanpa beban.

Datang bersih pulang bersih, perlu dibudayakan dan dibiasakan sejak dini. Pembiasaan ini perlu diawali sejak anak bisa berjalan. Orang tua perlu melatih dengan penuh kesabaran agar tumbuh kesadaran bahwa sampahku adalah tanggung jawab ku, harus di buang di tempat sampah, bukan ditinggalkan atau dibuang semaunya.

Pembiasaan di rumah agar berlanjut setelah anak sekolah. Di sekolah perlu ada peraturan yang tegas dan tertulis yang disepakati oleh orang tua, siswa dan guru. Perlu adanya sanksi bagi pelanggar secara bertingkat dan reward bagi siswa yang sudah terbiasa dan peduli lingkungan. Orang tua dan guru harus bisa menjadi contoh yang baik, bukan sekedar memberi contoh yang baik. Sanksi berlaku untuk semua warga sekolah, tidak hanya siswa.

Pembiasaan datang bersih pulang bersih, tidak semudah membalik telapak tangan. Tapi bukan berarti mustahil. Yang penting ada tekad yang kuat untuk mewujudkan dengan saling mengingatkan dan peduli. Tatkala anak terbiasa melihat bersih, maka akan merasa bersalah jika buang sampah sembarangan. Perlu juga disiapkan fasilitas yang mendukung. Perlu disiapkan tempat sampah yang memadai di banyak tempat. Apalagi bila ada kegiatan Akbar. Peserta kegiatan dan para undangan perlu dihimbau atau diingatkan untuk membuang sampah di tempat yang sudah disediakan bila perlu membawa sampahnya sampai menemukan tempat sampah. Meski ada petugas kebersihan dan sudah ada anggaran untuk kebersihan. Ada baiknya seseorang meringankan tugas orang lain bila memungkinkan.

Tantangan pasti ada, yang belum terbiasa pasti merasa dipaksa. Suara sumbang pasti terdengar. Para pecinta lingkungan pasti pantang menyerah. Tatkala datang bersih pulang bersih jadi budaya, pasti kita merasa nyaman di manapun berada. Lingkungan sehat dan indah akan terwujud dengan sendirinya. Semoga semakin banyak orang yang peduli akan pentingnya lingkungan yang bersih di manapun berada, aamiin....!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

koyo lagu

07 Jul
Balas

Tolong dibuat lagunya Mas...

08 Jul

"Datang bersih pulang bersih." Saya ambil untuk diterapkan di sekolah saya ya bu.

07 Jul
Balas

Mangga, saya coba unggah spanduknya, kok tidak bisa Mas, bisa bantu?

07 Jul

Di kolom picture. Kalau gak bisa berarti kebesaran. Coba di crop aja.

07 Jul

Matur nuwun Mas Yudha

07 Jul

Aamiin...setuju banget bu... kadang prihatin ketika selesai acara sampah berhamburan, padahal acara guru-guru...sangat menyedihkan...bagaimana dengan murid2nya?

07 Jul
Balas

Kita awali saja di lingkungan sendiri Mbak

07 Jul

Setuju. Mari kita giatkan.!!

07 Jul
Balas



search

New Post