WIWIT KESWARI

WIWIT KESWARI, S,Si, M.Pd...

Selengkapnya
Navigasi Web
PULSE OXIMETER

PULSE OXIMETER

Sudah dua minggu ini saya akrab dengan alat yang bernama Pulse Oximeter, sebuah alat yang digunakan oleh perawat di Rumah Sakit untuk mengukur kadar oksigen dalam darah atau sering disebut juga sebagai saturasi oksigen. Selama 5 hari di rawat di Rumah Sakit, tiga kali sehari perawat datang untuk mengukur tekanan darah, saturasi oksigen dan denyut nadi saya. Setiap kali diukur angka yang tertera pada layar monitor Oximeter selalu menujukkan angka di atas 95 dan itu menurut perawat, saturasi oksigen saya bagus. Karena memang dibanyak literasi yang saya baca saturasi oksigen normal adalah antara 95 – 100 %.

Seseorang dengan tingkat saturasi oksigen di bawah 95 % mengindikasikan orang tersebut mempunyai masalah dengan paru-parunya, tetapi terkadang tidak menyadarinya. Pernah merasa keleyengan ? …. Bisa jadi kadar oksigen dalam darah kita sedang turun. Tingkat saturasi oksigen yang rendah disebut Hypoxia, dan ini diakui sebagai salah satu gejala baru covid 19. Orang yang terlihat baik-baik saja tapi ternyata dia terpapar covid 19 (OTG) bisa jadi menyimpan bom waktu pada saat saturasi oksigennya menurun karena ternyata mempunyai masalah dengan paru-parunya, jika mencapai 90 % orang tersebut akan bernafas dengan cepat jika makin rendah lagi mencapai 75% akan kehilangan kesadaran dan bisa saja meninggal dunia.

Ketika diperbolehkan pulang dari rumah sakit, entah takut atau trauma saya merasa perlu memiliki Oximeter tersebut untuk memantau tingkat saturasi oksigen saya dan keluarga setiap hari. Walhasil setiap pagi dan sore hari, saya menggunakan Oximeter tersebut.

Salam sehat selalu …..

Rangkasbitung, 02 November 2020; jam 20.15

#Menulis hari ke 12

#MediaGuruIndonesia

#GuruSiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa. Salam sukses dan salam Literasi

02 Nov
Balas

Terima kasih Bapak .... salam sukses .... salam literasi ... salam kenal

02 Nov

Semoga selalu sehat bu wiwit. Aamiin

02 Nov
Balas

Aamiin .... terima kasih bu Rin .... semoga kita semua sehat selalu ....

03 Nov
Balas



search

New Post