Wulan Sintia

Assalamu'alaikum..Hallo namaku Wulan Sintia, hobiku menulis dan membaca. yuk mampir di blog ku dan jangan lupa Follow akun ini dan akun ig ku @wulan_shintya :) ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Puasa Tapi Tidak Solat?
Puasa Tapi Tidak Solat?

Puasa Tapi Tidak Solat?

Puasa Tapi Tidak Solat?

(Oleh : Wulan Sintia)

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang di tunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Karena bulan ramadhan termasuk salah satu bulan dari sekian bulan yang di dalamnya penuh keberkahan. Dan pada bulan ini, seluruh umat muslim melaksankan ibadah puasa.

Di bulan ramadhan segala amalan apapun di lipat gandakan. Bahkan di bulan Ramadhan semua umat muslim ingin meraih banyak keberkahan dengan melakukan amalan-amalan sunnah yang lainnya.

Tapi terkadang ada juga seseorang berpuasa tapi meninggalkan solat. Bagaimana dengan hal ini?

Dari Abu Hurairah Ra bahwa RAasulullah saw bersabda :

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ : قاَلَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلاَتُهُ ، فَإنْ صَلُحَتْ ، فَقَدْ أفْلَحَ وأَنْجَحَ ، وَإنْ فَسَدَتْ ، فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ ، فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ ، قَالَ الرَّبُ عَزَّ وَجَلَّ : اُنْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ ، فَيُكَمَّلُ مِنْهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيضَةِ ؟ ثُمَّ تَكُونُ سَائِرُ أعْمَالِهِ عَلَى هَذَا

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.”

[HR.Tirmidzi dalam kitab Riyadus sholihin BAB 188 No.8 Hal.587]

الصلاة عماد الدين فمن أقامها فقد أقام الدين ومن هدمها فقد هدم الدين

“Shalat adalah tiang agama, barangsiapa yang menegakkannya berarti dia menegakkan agama, namun barangsiapa yang meninggalkannya maka berarti dia menghancurkan agama.”

(H.R. Bukhari Muslim)

Dari hadits di atas dapat di simpulkan bahwa amalan yang pertama kali yang akan di hisab di akhirat kelak pertama kali yaitu solat, karena solat merupakan tiang agama. Di ibaratkan sebuah bangunan, solat itu sebagai tiangnya, jika tiangnya itu kokoh maka akan kokoh bangunanya, jika tiangnya itu roboh, maka hancurlah semuanya.

Bagaimana dengan Puasa Tapi Tidak Solat..?

Puasa tanpa solat Di ibaratkan seperti kita bekerja, tapi tidak mendapatkan gaji. Dan juga seperti kita mengisi air ke dalam ember yang bocor..!! tentu sangat di sayangkan bukan??

"Jangan pernah tinggalkan shalat. Karena ada jutaan manusia di alam kubur yang ingin dihidupkan kembali hanya untuk bersujud kepada Allah sekali lagi...!!!

10 MEI 2020 / 17 RAMADHAN 1441 H

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Masyaallah, tulisan yang mengingatkan. Sehat dan sukses selalu, barakallah

19 May
Balas

Terimaksih telah membaca.. barakallah juga

19 May

Subhanallah,,, tulisan yang mengingatkan teh. Kerenn. Barakallah fiik dan sukses selalu.

19 May
Balas

aamiin... barakallah juga th, terimakasih telah membaca..

19 May



search

New Post