Wurti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Angin

#Tantangangurusiana

Tantangan hari ke-84

Angin

Angin adalah udara yang bergerak. Angin merupakan salah satu bukti bahwa udara itu benar-benar ada. Mengapa demikian? Karena udara tidak bisa kita lihat, namun dapat kita rasakan saat ada tiupan angin. Angin bertiup saat udara dingin mengalir menggantikan udara panas. Manusia, hewan, maupun tumbuhan memerlukan udara. Ketika bernafas, manusia dan hewan menghirup udara berupa oksigen dan mengeluarkan karbondioksida yang dibutuhkan oleh tanaman untuk melakukan fotosintesis.

Sebagai energi, angin dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, misalnya sebagai pembangkit listrik tenaga angin. Angin juga dapat mendorong kapal layar sehingga kapal dapat bergerak di atas permukaan air laut. Begitu pula dengan balon udara dan helikopter menggunakan balon udara agar bisa terbang.

Di beberapa tempat terdapat beberapa nama angin. Sebagai contoh di daerah Brebes, ada angin kumbang. Mungkin disebut angin kumbang karena angin ini melintasi pegunungan Kumbang yang memanjang dari Barat ke Timur. Angin yang berhembus saat musim kemarau ini sangat cukup panas dan kering pada waktu siang hari dan dingin di malam hari.

Di daerah Brebes, datangnya angin kumbang dijadikan sebagai tradisi untuk bercocok tanam khususnya tanaman bawang merah. Brebes memang dikenal sebagai daerah penghasil bawang merah selain telur asin. Bahkan bawang merah dan telur asin dijadikan sebagai logo pemerintah Kabupaten Brebes.

Angin memang memiliki banyak manfaat, akan tetapi kita juga perlu mewaspadai bencana yang ditimbulkan oleh angin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post