Yani Al

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Strategi Pembelajaran Menggunakan Canva dalam Pembuatan Video Kampanye Hemat Energi

Strategi Pembelajaran Menggunakan Canva dalam Pembuatan Video Kampanye Hemat Energi

A.    TAHAP PERENCANAAN

Teknologi merupakan hal yang sangat lekat dengan kehidupan kita saat ini. Tidak dipungkiri peran teknologi sangatlah besar untuk kehidupan sehari-hari, salah satunya sebagai proses penunjang pembelajaran. Di SD Al Muslim, pembelajaran menggunakan teknologi sudah dilakukan sebagai keseriusan Yayasan Al Muslim menjadi sekolah berbasis digital (Digislamic School).

Salah satu penugasan pada materi IPA BAB Energi adalah membuat video kampanye hemat energi. Pembutan video ini menggunakan aplikasi canva yang sudah terinstal pada tab siswa. Berikut ini langkah-langkah pembuatan video kampanye hemat energi:

1.      Pembagian kelompok, kelompok dibagi menjadi 4 kelompok menjadi kelompok hemat air, hemat BBM, hemat listrik, dan hemat kertas.

2.    Pembuatan naskah video, isi naskah harus memuat poin-poin penting yaitu berupa ajakan hemat energi sesuai dengan energi yang sudah ditentukan.

3.     Pengambilan video, anak-anak membuat video sesuai dengan naskah yang sudah mereka buat.

4.     Mengedit video, video di edit menggunakan aplikasi canva yang sudah terinstal di tab masing-masing siswa.

5.    Mengumpulkan video, video diuplode  ke google drive yang sudah disiapkan oleh guru.

6.    Menonton video, video ditampilkan di depan kelas dan bersama-sama menonton hasil video yang sudah diedit.

 

B.    PELAKSANAAN

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 bulan, terhitung dari bulan Agustus hingga bulan Oktober. Kegiatan ini benar-benar dilakukan sepenuhnya oleh siswa. Pembuatan naskah dilakukan di dalam kelas secara perkelompok. Naskah video harus memuat kalimat ajakan untuk menghemat energi sesuai dengan hemat energi kelompok masing-masing. Pembuatan naskah video harus direvisi dulu oleh guru, jika sudah sesuai maka dilanjutkan ke pembuatan video. Ketika membuat video, anak-anak dibebaskan bereksplorasi terkait tempat syutingnya. Beberapa anak ada yang membuat video di halaman dekat aula, di parkiran mobil, dan di perpustakan. Pembuatan video menjadi tahapan yang paling banyak membutuhkan waktu karena tidak bisa hanya dengan sekali pengambilan video saja, pengambilan video dilakukan beberapa kali hingga kemudian dipilih video yang paling bagus. Proses pengambilan video juga menjadi proses yang paling antusias dilakukan oleh anak-anak, karena terlihat sekali semangat dan kekompokan mereka dalam proses pembuatan video. Setelah tahapan pembuatan video selesai, proses selanjutnya adalah pengeditan video. Video diedit meggunakan aplikasi canva yang sudah terinstal di tab anak-anak. Ketika proses ini, anak-anak sudah sangat lancar menggunakan aplikasi canva sehingga tidak terlalu banyak kendala. Aplikasi canva ini sering dipakai oleh anak-anak, misalnya dalam pembuatan poster digital, mind mapping, komik digital, dan iklan digital. Setelah tahap editing selesai, dilanjutkan dengan menonton video Bersama-sama di kelas. Hasil video dari setiap kelompok ditampilkan di depan kelas dan anak-anak menonton bersama.

 

C.    VISUAL HASIL

Laporan hasil kegiatan pembuatan video kampanye hemat energi disimpan di dalam drive. Berikut ini adalah link drive penyimpanan video kampanye hemat energi.

https://drive.google.com/drive/folders/1AZ4pmwLahDVhaUNPn982CPVTYkNkTg-P?usp=sharing

D.    TINDAK LANJUT

Tindak lanjut dari kegiatan yang sudah dilaksanakan yaitu sebagai berikut:

1.      Guru memberikan saran dan motivasi bagi semua siswa agar lebih kompak lagi ketika bekerja dalam satu kelompok.

2.    Guru memberikan apresiasi bagi semua siswa karena sudah berhasil membuat video kampanye hemat energi yang mana semua prosesnya benar-benar hasil siswa itu sendiri.

3.     Guru selalu mengingatkan agar hemat energi tidak hanya sebatas ajakan saja, tapi juga harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post