Kuluk kuluk kuluk

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengenai Kata di+balik

Ada beberapa naskah buku dengan judul yang menggunakan kata di+balik. Ada yang penulisannya menjadi “... di Balik ...” ada juga yang ditulis “... Dibalik ...”. Mana yang benar?

Jangan buru-buru menjawab ini atau itu yang benar.

Bentuk {di} ada yang berupa awalan, dan ada juga yang berupa kata depan. Apa itu awalan dan apa itu kata depan tentunya tidak perlu diuraian lagi di sini. Supaya mudah, bentuk {di} itu ada yang berpasangan dengan bentuk {me dan ter} dan ada bentuk {di} yang berpasangan dengan bentuk {ke dan dari}. Maksudnya, jika ada kata dibalik ada kata membalik, dan ada kata terbalik. Itu berpasangan. Karena jika kita menulis membalik dan terbalik itu dirangkai, maka penulisan dibalik pun harus dirangkai. Contoh dalam kalimat: Ibu membalik kasur yang dijemur. Kasur yang dijemur dibalik ibu. Piring itu terbalik karena didorong kucing.

Kata “kebalik” yang artinya “terbalik” adalah bentuk tidak baku. Misalnya pada kalimat, Siti memakai baju kebalik. Yang benar adalah Siti memakai baju terbalik.

Selanjutnya ada kata di balik, ke balik, dan dari balik. Lihat, semua penulisannya dipisah. Ini yang disebut sebagai kata depan. {di}, {ke}, dan {dari} menunjukkan sesuatu yang berkaitan dengan tempat atau waktu. Contoh kalimat yang berkait dengan tempat, Siti bersembunyi di balik pintu. Siti berjalan ke balik pagar. Siti berbicara dari balik pintu.

Mudah-mudahan bisa dimengerti.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih Pak Willy, semoga teman-teman membacanya.

27 Apr
Balas

Makasih pak Willy ..semoga bermanfaat ..

27 Apr
Balas

Bermanfaat sekali informasi yang diberikan ini pak willy

27 Apr
Balas

Bermanfaat sekali informasi yang diberikan ini pak willy

27 Apr
Balas

Bermanfaat sekali informasi yang diberikan ini pak willy

27 Apr
Balas

Bermanfaat sekali informasi yang diberikan ini pak willy

27 Apr
Balas

Bermanfaat sekali informasi yang diberikan ini pak willy

27 Apr
Balas



search

New Post