yati

Guru akuntansi SMK, lahir di Mojokerto, tinggal di Jember...

Selengkapnya
Navigasi Web
PETRICHOR

PETRICHOR

#TantanganGurusiana

#TantanganHariKe20

PETRICHOR

Kata petrichor awalnya saya tahu merupakan salah satu judul novel online di wattpad. Novel tersebut menceritakan tentang kisah cinta seseorang yang mencintai kakak angkatnya, yang akhirnya pergi ke negara Belanda untuk menjauh dari orang yang dicintainya. Saya kira kata tersebut diambil dari bahasa belanda.

Dan setelah membaca beberapa sumber, ternyata petrichor artinya bau tanah kering yang terkena hujan. Bau ini sangat khas. Kata petrichor berasal dari bahasa Yunani yaitu petros artinya batu dan ichor artinya cairan yang mengalir di pembulu darah para dewa. Aroma khas petrichor yang merupakan perpaduan antara tanah dan air hujan ternyata dihasilkan oleh jenis bakteri tertentu.

Mungkin bagi sebgaian orang, aroma petrichor sangat mengganggu, tapi tidak dengan saya. Saya sangat menyukainya, aromanya sedap dan khas banget. Orang Jawa mempunyai sebutan tersendiri untuk aroma itu, tapi saya lupa apa namanya.

Biasanya bulan Pebruari hujan turun dengan derasnya, tapi tidak dengan musim penghujan kali ini. Tahun ini hujan turun jarang sekali, sehingga petani kelimpungan untuk mengairi tanaman padi. Karena daerah saya mayoritas penduduknya adalah petani. Tiap pagi terlihat para petani lewat depan rumah saya, mereka membawa mesin diesel untuk mengairi sawah yang sudah mulai mengering. Agar tidak gagal panen, dan bisa mempunyai stok padi untuk keluarga.

Ketika di daerah lain tiap hari hujan, bahkan ada beberapa daerah ada yang sampai banjir. Namun tidak dengan daerah saya. Padahal mendung begitu gelap, petir menyambar-nyambar tapi tetap tidak turun hujan. Bahkan ada beberapa kelompok masyarakat sampai melaksanakan sholat istiqo’ untuk memohon turunnya hujan.

Akhirnya, kemarin hujan yang ditunggu-tunggu pun turun, seketika itu pula tercium aroma petrichor, seperti habis kemarau panjang, tanah yang kering akhirnya bertemu air. Sedaaap banget aromanya. Para petani pun bersuka ria

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post