Yati Kurniawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pemimpin Sekolah Yang Berhasil

Siang tadi saya mengikuti kegiatan webinar yang diadakan P4TKLB dengan tema "Peran Komunitas Pembelajar Profesional dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran" dengan narasumber-narasumber keren, yaitu Prof. Abdorrakhman Gintings. M.Ed. M.Si. Ph.D. RFRIS Guru Besar Kebijakan Pendidikan Universitas Faletehan, Dr. ltje Chodicjah, M.A., Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Shahnaz Haque Public Figure.

Salah satu pernyataan menarik dari Bu Itje Chotijah terkait komunitas pembelajaran di sekolah adalah pemimpin sekolah yang berhasil adalah yang mampu membelajarkan gurunya. Hal yang merupakan tantangan tersendiri bagi kepala sekolah.

Menjadi kepala sekolah yang mampu mengajak guru-gurunya untuk belajar bukanlah sebuah hal yang mudah, karena untuk mengajak tentunya KS sendiri juga harus mau belajar. Keteladanan KS menjadi kunci untuk menggerakkan guru-guru untuk belajar. KS harus menjadi sosok pembelajar terlebih dahulu.

Saat ini, dengan terjadinya pandemi, ada banyak kemudahan dalam belajar. Guru bisa belajar secara daring tanpa meninggalkan keluarga. Tersedia banyak webinar dan pelatihan secara daring, baik yang gratis maupun berbayar. Kepala sekolah bisa membagikan informasi kegiatan-kegiatan untuk pengembangan diri kepada guru, mengajak, memotivasi, dan memfasilitasi guru dalam belajar.

Ketika kebiasaan belajar sudah terbangun, akan tercipta budaya bagi guru-guru untuk mengembangkan diri secara profesional melalui proses belajar. Bersama dengan komunitas belajar di sekolah, guru-guru belajar bersama bagaimana memahami karakter siswa dan merancang pembelajaran yang mampu mengembangkan potensi siswa. Muara akhir dari budaya belajar guru adalah peningkatan kompetensi dan pengembangan karakter siswa.

#TantanganGurusiana Hari Ke-34

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul Bu, kepala sekolah mengajak, gurunya kembali kepada spiritnya. Ada guru yang mau terus belajar, tanpa pandang usia. Ada pula yang beralasan sudah tua.....bagus idenya salam literasi Bu

03 Feb
Balas



search

New Post