Yayah Dzarotun N

Yayah Dzarotun Naqiah, S. Pd, M. Pd Lahir di bekasi, 2 Pebruari 1971 Kepala SMPN Satu Atap Cibitung Kab. Bekasi Motto : Tak ada kata terlambat &...

Selengkapnya
Navigasi Web
FGD SEHAT CANTIK DAN CERDAS  TANPA  ANEMIA

FGD SEHAT CANTIK DAN CERDAS TANPA ANEMIA

Oleh : Yayah DN

Puskesmas Wanasari,Cibitung (12/9/2022),

Nuansa Puskesmas SRA sangat kuat menggigit pandanganku. Tertulis ditangga,kata-kata dan gambar tentang pentingnya makan buah dan sayur,makan sehat bergizi dsb."Wah,keren sekali puskesmas ini!,"pujiku dalam hati. Seorang laki-laki berpakaian putih-putih menyapaku dan mengarahkanku untuk naik ke lantai 3. Dengan kaki yang sedikit sakit,aku berjalan diatas tangga menuju lantai 3. Perasaan bersalah hadir mengganggu pikiranku,"aku terlambat,acara sudah dimulai rupanya,"gerutuku.Bu bidan Sarma menyambut kedatanganku dengan ramah sambil menggandeng tanganku untuk masuk ke dalam ruang rapat. Tersisa ada satu kursi kosong disamping Deby dan ibunya."Terima kasih sudah hadir ya nak",sapaku.

Bu dokter Christine,dengan gayanya yang tegas dan lugas memandu kegiatan diskusi tentang Anemia.Satu persatu para penyaji materi memaparkan materi tentang Anemia,sekolah sehat,pentingnya makan buah dan sayur bagi anak-anak remaja.

Ada satu hal yang perlu diwaspadai bagi siswi, guru,orang tua dan unsur lainnya yakni banyaknya remaja puteri yang HB nya kurang dari 12 - 16 g/dl,anak ini tergolong anemia atau kurang darah.Ini akan berdampak besar terhadap kesehatan remaja puteri tersebut."Ini menjadi tanggung jawab kita bersama Bapak/Ibu,"tegas bu dokter.

Sebagai tindak lanjut,maka dalam FGD ini disampaikan tentang bagaimana upaya pencegahan yang harus dilakukan oleh remaja puteri tersebut. Dijelaskan bahwa ada beberapa pembiasaan yang harus dilakukan oleh para remaja puteri untuk mencegah anemia yakni sbb : pertama, makan makanan bergizi terutama makanan yang mengandung zat besi (bahan utama pembentuk sel darah merah),kedua minum tablet tambah darah secara rutin setiap hari jumat di sekolah,ketiga makan buah dan sayuran, keempat makan 4 sehat 5 sempurna,yang sekarang terkenal dengan sebutan isi piringku dan yang terakhir adalah rajin berolahraga.Semua pembiasaan ini sudah menjadi program Dinkes Puskesmas Wanasari yang diberi nama "sehat cantik dan cerdas tanpa anemia".

Nah,mari bersama kita dukung program bagus ini.Salam sehat buat kita semua.

Cibitung,17/9/2022

Tulisan ke-1

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang keren bunda

17 Sep
Balas

Terima kasih

17 Sep

Terima kasih

17 Sep

Terima kasih

17 Sep

Terima kasih

17 Sep

Terima kasih

17 Sep

Terima kasih

17 Sep

Ma kasih ya, sudah diingatkan tentsng anemis

17 Sep
Balas



search

New Post