Yayah Robiatul Adawiyah

Hj Yayah Robiatul Adawiyah,M.Pd ( YARA 21275) "Jadilah diri sendiri", tetap harus semangat dan optimis dalam menjalankan hidup Mengajar di MTs Nurul Hidayah Y...

Selengkapnya
Navigasi Web

Penangkal Covid-19

#Tantangan Menulis Gurusiana Hari Ke-19

Hikmah merebaknya covid-19 adalah, banyak program pemerintah yang diberikan kepada warganya untuk dapat diikutinya. Diantaranya adalah stay di rumah. Program social distancing, mengakibatkan rumah adalah pilihan yang utama , untuk dapat terhindarnya dari virus yang mematikan itu.

Salah satu persediaan yang harus ada, saat program tidak keluar rumah dilakukan adalah, persiapan “DUIT”. Duit yang saya maksud adalah bukan sekedar duit uang kertas atau logam, tapi “DUIT” yang memiliki arti dan konotasi yang lebih luas lagi.

“DUIT" yang saya maksud adalah :

D : Do’a

U : Usaha

I : Iman dan Taqwa

T : Tawakkal

Do’a adalah faktor pertama dan utama dalam hidup dan kehidupan kita. Kita adalah makhluk lemah dan tak berdaya. Yang kita lakukan adalah selalu meminta dan memohon kepada yang maha kuasa atas segala keinginan dan kebutuhan-kebutuhan kita. Maka jangan berhenti untuk selalu berdoa, kapan, dan dimana saja kita berada.

Usaha juga penting. Berdo’a saja tidak cukup tanpa adanya usaha. Usaha yang kita lakukan adalah, mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak keluar rumah jika tidak terlalu penting, selalu cuci tangan, bila perlu selalu berwudhu (daimul wudhu), jaga pola makan,pikiran, dan istirahat yang cukup, berolahraga, dan masih banyak lagi yang benar-benar harus kita lakukan berbagai macam cara agar dapat tehindar dari virus yang ganas itu. “Mencegah lebih baik dari pada mengobati”.

Iman merupakan dasar dan keyakinan kita untuk percaya bahwa sesungguhnya virus covid-19 itu adalah makhluk Allah, jangan pernah kita takut, karena makhluk itu adalah ciptaan Allah. Kita harus meyakini bahwa semua yang diberikan adalah semata-mata atas izin Allah. Hidup dan mati seseorang juga sudah ditentukan oleh Allah. Percayakan semuanya kepada Allah, dimana tempat bergantung, mengeluh, dan meminta, hanyalah kepada Allah. Tingkatkan keyakinan kita kepada –Nya, ketaqwaan pun akan mengikuti keimanan kita.

Tawakkal itu adalah akhir dari sikap kita, setelah berdoa, berusaha, dan meyakini kekuasaan dan kebesaran Allah. Baru kita pasrahkan semuanya kepada pencipta makluk yang namanya COVID-19 itu.

Insyaallah, kita akan selalu aman, damai, sehat, selalu bahagia. Amien Ya Robbal Alamin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin yra

24 Mar
Balas

Aamiin ya Alloh.Keren bun. Mksh

25 Mar
Balas



search

New Post