Yayah Robiatul Adawiyah

Hj Yayah Robiatul Adawiyah,M.Pd ( YARA 21275) "Jadilah diri sendiri", tetap harus semangat dan optimis dalam menjalankan hidup Mengajar di MTs Nurul Hidayah Y...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sudahkah Anda Shalat?

Sudahkah Anda Shalat?

#Tantangan Menulis Gurusiana Hari Ke-11

Ketahuilah wahai manusia, bahwa semua amal ibadah itu adalah rahmat Allah. Di setiap rahmat ada barokah. Di setiap barokah ada kenikmatan. Saat itu manusia menjadi manusia bebas merdeka dari dosa.

Jika manusia sudah tahu dan faham akan nikmat barokah dan rahmat Allah, maka dia tidak mau lagi mengganti semua amal ibadahnya dengan apapun.

Kaitannya dengan ibadah ini, Rasulullah SAW bersabda :

Salah satu amal ibadah yang akan ditanya pertama kalinya adalah sholat, jika sholatnya bagus, maka sebagian amalnya bagus. Jika sholatnya rusak, maka sebagian amalnya juga rusak.

Orang yang shalatnya benar akan terukur dalam kehidupannya. Dia akan selalu merasa dekat dan diingat Allah. Dia seakan-akan bayi yang selalu digendong manja oleh ibunya. Manja dengan Allah yang merawatnya, menjaganya, mengawasinya. Dia akan sedih saat jauh dari Allah. Dia seakan-akan tidak membutuhkan apa-apa lagi. Itu sesungguhnya hasil shalat yang benar.

Sayangnya, berapa banyak, muslim yang telah melaksanakan shalat, hanya melaksanakan ibadah secara ritual. Tidak diimbangi dengan ibadah sholat secara sprititual.

Shalat mereka hanya melaksanakan gugur kewajiban, tanpa menjaga dan memertahankan hati supaya tetap bersih.Manusia juga suka lupa menjaga hatinya setelah ibadah, sehingga menjadi kotor. Hati yang kotor itu sarang keburukan. Yang mengajibatkan ibadah pun jadi tidak sempurna. Hati yang terjaga pun akan dapat memperbaikiakhlak. Akan tampak dalam wajah dan sikap dalam kesehariannya. Dalam tutur katamu, dan dalam kesabaranmu.

Kalau dalam keseharianmu masih ada sifat dan sikap dendam, kebencian, rakus, tamak, gila hormat, haus kekuasaan, pelit, iri dan dengki. Ada juga amalan yang memakan amalan, yaitu memfitnah, mengadu domba, berbohong, tidak amanah, suka mengumbar rahasia orang lain, riya, dan membanggakan amalan. Dari sifat-sifat tersebut jika dilakukan, berarti apakah anda sudah shalat?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post