Yayah Robiatul Adawiyah

Hj Yayah Robiatul Adawiyah,M.Pd ( YARA 21275) "Jadilah diri sendiri", tetap harus semangat dan optimis dalam menjalankan hidup Mengajar di MTs Nurul Hidayah Y...

Selengkapnya
Navigasi Web
TIPS  BETAH DI RUMAH SAAT SOCIAL DISTANCING

TIPS BETAH DI RUMAH SAAT SOCIAL DISTANCING

#Tantangan Menulis Gurusiana Hari ke-27

Berbagai macam cara untuk menghindari rasa jenuh dan bowring saat social distancing, dengan melakukan WFH ( work From Home ) dan stay at home.

Selama beberapa hari saya bersama-sama dengan keluarga, dan setiap harinya pun saya selalu mengevaluasi, dari setiap kegiatan yang dilakukan. Bagaimana caranya yah… supaya anggota keluarga merasa betah dirumah, tidakmerasakan kejenuhan, dan merasakan happy, walau dalam situasi seperti ini. Akhirnya saya berusaha untuk menjadikan Baiti Jannati (rumahku adalah syurgaku). Dari pengalaman saya dalam beberapa hari ini, yang saya lakukan adalah mengumpulkan seluruh anggota keluarga untuk membuat kesepakatan bersama. Hasilnya adalah membiasakan Hidup 5 S (Sehat, Sederhana, Serius, Santuy, Serahkan diri pada yang kuasa )

Ø SEHAT : Utamakan kesehatan lahir, batin, jiwa , raga, jasmani dan rohani. Dengan cara Olah Pikir, Olah Makan, dan Olah Raga. Olah Pikir adalah harus selalu berpikir positif, jangan pernah merasa dihantui akan ketakutannya dengan wabah virus corona. Tetap semangat dan optimis akan terus sehat. Olah makan adalah, sebisa mungkin jaga pola makan yang sehat, usahakan makan yang bergizi, minum jamu yang mengandung curcuma ( empon-empon), vitamin, buah-buahan dan sayuran. Tetap berusaha melakukan Olahraga ringan, berjemur di bawah matahari pagi, dan usahakan tubuh dapat bergerak.

Ø SEDERHANA : Sebisa mungkin pola hidup sederhana harus diterapkan saat ini di lingkungan rumah. Karena kita tidak tahu sampai kapan social distancing ini diberlakukan. Semakin banyak yang terkena kasus wabah virus corona ini, maka akan tidak menentunya program karantina di Indonesia. Terlebih kalau lock down sudah merata dipenjuru wilayah Indonesia. Oleh karenanya, jangan boros, jangan berlebihan, dan jangan suka menimbun bahan makanan atau lainnya. Kita juga harus bisa memikirkan berapa banyak masyarakat yang juga merasakan kepedihan ini.

Ø SERIUS : Segala kewajiban dan tugas keseharian, hendaklah tetap dikerjakan. Yang menjadi siswa atau mahasiswa, lakukan pekerjaan yang diberikan oleh para guru atau dosennya. Bagi para pekerja, tetaplah pada aktifitas yang memang harus diselesaikan. Jangan pula bersantai. Sebisa mungkin yang bisa dikerjakan hari ini, jangan ditunda esok hari. Karena esok hari, tugas pun akan menantinya.

Ø SANTUY : Gunakam kesempatan emas bisa berkumpul dengan keluarga dengan cara menjadwalkan kegiatan-kegiatan harian. Dari mulai program ibadah (sholat berjamaah, tadarus, dzikir bareng, ratiban, sholawatan, dll). Program sharing, becanda, dan berbicara tentang masa depan , dengan mengevaluasi masa lalu dan masa sekarang. Program Bersih dengan memberikan kepada anggota keluarga akan tanggung jawab penggunaan fasilitas rumah, seperti membereskan kamar, mencuci gelas ,piring, sendok sehabis pakai, mencuci dan menyetrika pakaian, bongkar-bongkar lemari pakaian, lemari buku, dapur, gudang, dan lain-lain.

Ø SERAHKAN diri pada yang maha kuasa. Yakni dengan berdoa dan dan tawakkal. Setelah usaha yang dilakukan secara maksimal, mintalah pada yang maha kuasa atas segala kebutuhan-kebutuhan yang kita. Karena yang maha kuasa akan senang sekali jika hambanya sering meminta. Dan selalu minta ampunan atas segala dosa-dosa dan kesalahan, sehingga harapan akan Ridho dan kasih sayangnya akan selalu bersama kita ,keluarga, dan bangsa Indomesia.

Demikianlah Tips Betah di Rumah, semoga bermanfaat.

SALAM 5 S

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Subhanallah, keren bun. Terima kasih sudah berbagi tips surgaku rumahku. Barakallah

01 Apr
Balas

amien, mks pak bos, sdh mengomentari.

01 Apr

Subhanallah..bagus bange bu tipsnya.Semoga rumah saya juga bisa menjadi Baiti Jannati. Barokallah.

01 Apr
Balas

Amien, sama-sama sharing aza bun, moga bermanfaat

01 Apr



search

New Post