Yayah Rokayah

Menulis adalah ibadah. Kita bisa berbagi ilmu dan pengalaman melalui tulisan. Membudayakan literasi diantara kita. Saya guru matematika yang senang menulis, s...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mie Kocok Bandung
foto resep kue renyah dari google

Mie Kocok Bandung

Mie Kocok Bandung

Alhamdulillah, saya pernah mempraktekkan ini, untuk mengisi waktu liburan di rumah saja, apalagi ketika week end seperti ini. Enak dinikmati saat musim hujan seperti ini dan rasanya segar pedas. Hmmm lezat pokoknya, para bunda wajib mencobanya sebagai suguhan cinta bagi keluarga di rumah. Selamat mencoba. Saya mencoba menuliskan lagi digurusiana sebagi kerinduan saya terhadap buku yang sudah saya tulis dalam judul "Resep Masakan Ibu Guru" yang telah diterbitkan oleh Media Guru Indonesia di tahun 2020.

Bahan dan bumbu:

1/2 kg kikil

1/4 daging sapi

10 biji bakso sapi

Air kaldu secukupnya

Air secukupnya

Bumbu:

10 siung bawang merah

10 siung bawang putih

4 butir kemiri

Semua bubumbu diats diulek.

Bumbu lain sebagai pelengkap:

4 batang sereh digeprek

3 ruas jahe di geprek

6 lembar daun jeruk

6 lembar daun salam

Garam secukupnya

Gula pasir secukupnya

Merica bubuk secukupnya

Kaldu bubuk rasa sapi secukupnya

Pelengkap:

1 bungkus mie kuning pipih, direbus sebentar dan sisihkan

1/4 tauge, disiram air panas lalu tiriskan dan sisihkan

Jeruk limau, dibelah dua dan peras airnya saat disajikan di mangkuk.

Seledri, diiris kecil-kecil, sebagai taburan

Daun bawang, dipotong 1 cm, campurkan dalam kuah ketika akan diangkat

Sambal cabe rawit yang telah diulek dan beri air sedikit, sisihkan

Bawang goreng secukupnya untuk taburan.

Cara membuat:

Siapkan panci dan beri air jernih, lalu panaskan hingga mendidih. Kikil dan daging sapi telah saya presto terlebih dahulu. Masukkan bumbu pelengkap seperti daun salam, daun jeruk, sereh yang telah digeprek, jahe geprek, garam, gula, lada dan penyedap bila suka. Kemudian masukkan bumbu ulek yang telah digoreng sebentar dengan minyak 2 sendok makan. Cicipi rasanya lalu terakhir masukkan daun bawang lalu angkat. Tata dalam mangkuk saji, mie yang telah diseduh tadi, tauge, siram dengan kuah rebusan, daging dan kikilnya, lalu taburi bawang goreng, beri perasan air jeruk limo dan beri sambal secukupnya.

Selamat mencoba.

Pamulang, 07 November 2021.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Emh....jadi ngiler nih. Sukses trs Bu. Salam literasi. Ijin follow ya bu

08 Nov
Balas

Alhamdulillah, terimaksih bu, salam literasi kembali, saya follow back

14 Nov



search

New Post