Yayah Rokayah

Menulis adalah ibadah. Kita bisa berbagi ilmu dan pengalaman melalui tulisan. Membudayakan literasi diantara kita. Saya guru matematika yang senang menulis, s...

Selengkapnya
Navigasi Web
Renungan di Hari Lahir 18 November
dok, foto kls motret online

Renungan di Hari Lahir 18 November

Renungan di Hari Lahir 18 November

Oleh : Yayah Rokayah

Diri ini berlumur dosa. Hanya doa dan taubat yang mampu ku ikhtiarkan dalam keseharian. Shalawat dan istighfar senantiasa kulantunkan semampu lidah dan hati ini berdzikir dalam memngingatMu. Semoga hari-hari yang tersisa ke depan, Engkau ridhoi Ya Alloh......

Imam Malik, apabila ditanya: “Apa kabarmu hari ini?” Beliau menjawab: “ Dalam keadaan umur yang semakin berkurang dan dosa yang semakin bertambah”. Ma sya Alloh.

Maka, “Apa kabarmu wahai Yayah Rokayah?” Astaghfirullohaladziim. Subhanaka inni kuntuminadzzolimiin. La haula wala quwwata ila Billaah.

Wahai diri......sudahkah engkau tunaikan kewajibanmu kepada sesama muslim dan sesama penduduk di muka bumi ini?

Wahai diri.....sudahkah kau tunaikan hutang-hutangmu kepada orang lain?

Wahai diri....sudahkah kau ajarkan dan bina anak-anakmu untuk persiapan mereka dimasa depannya, masa depan akhiratnya?

Wahai diri...sudahkah kau layani suamimu dengan baik dan hormati beliau sebagai Imam dalam keluargamu?

Wahai diri......sudahkan kau tunaikan hak kedua orang tuamu yang masih ada maupun yang telah tiada?

Wahai diri...sudahkah kau muliakan keluarga besarmu, tetanggamu, sahabatmu dan tamu mu yang berkunjung ke rumahmu sebagai bukti keimanan kepada Rabbmu?

Wahai diri.....sudahkah kau persiapkan untuk kehidupan akhiratmu yang abadi?

Wahai diri....sudahkah kau bertanggung jawab atas segala amanah yang orang lain berikan kepadamu? Dalam pekerjaan, dalam kegiatan sosial, dalam bermuamalah dengan banyak orang di dunia ini?

Ya Rabb, jika umurku sampai disini, izinkan aku dapat mengucap “Laa ilaaha ilallah”

Ya Rabb, jika engkau menakdirkan ruh ini terpisah dari jasad, engkau hadirkan anak-anak yang sholeh dan sholehah yang dapat mengurus jenazah ibunya dengan baik dan benar sesuai syariat. Mendoakan dan menyalatinya serta memberikannya syafaat bacaan Al-Quran yang mulia, hingga kami suatu saat dapat dipertemukan dengan keluarga kami dalam keridaanMu jua.

Ya Rabb, jika umurku masih panjang, karuniakan kepadaku orang-orang yang mencintaiMu, mencintai RasulMu dan mereka yang mencintai orang-orang baik di sekelilingku sebagai rezeki yang tiada terkira dariMu, memiliki sahabat-sahabat yang luar biasa.

Ya Rabb, jadikan sisa umurku ini bermanfaat, maslahat dan selalu semangat dalam menempuh jalan ridaMu dan semangat dalam kebaikan-kebaikan sebagai sedekah diri dalam kehidupan yang fana ini, apapun itu bentuknya.

Ya Rabb, hamba bersyukur kepadaMu, atas kesehatan, rezeki, waktu luang dan sahabat-sahabat yang sholeh disekitarku.

Ya Rabb, jadikan hamba pribadi yang sholehah dan bermanfaat untuk orang-orang yang pernah hamba kenal di dunia ini, sehingga mereka semua selalu mengenang kebaikan-kebaikan dan mengingatkan dalam segala kesalahan-kesalahan walaupun hanya sebesar biji dzarrah.

Ya Rabb, jadikan hamba pribadi yang beriman, berilmu dan mencintai amal sholeh sebagai bekalku dikemudian hari walaupun aku belum pantas menjadi pribadi muslim yang sesungguhnya Engkau mau.

Ampuni hamba Ya Rabb,ampuni dosa dan kesalahan orang tua hamba, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku di waktu aku kecil. Jadikanlah kuburannya taman-taman syurgaMu dan kabulkan suatu saat kami dapat berkumpul dalam keridaanMu.

Aamiin Ya Robbal ‘alamiin

Pamulang, 18 November 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah, tos lami teu SKSS. Punten, neng. Renunganna sae pisan

22 Nov
Balas

Subhanallah sebuah renungan diri sekaligus mengingatkan kita semua, selamat ulang tahun sahabatku barakallah

18 Nov
Balas

Aamiin yra. Terimakasih bu Nani yg baik hati. Wa fiik barokalloh.

18 Nov

Wilujeng, bu Haji. Barakallah

24 Nov
Balas



search

New Post