Yayu Arundina

Saya adalah guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Cimahi. Suka juga ikut-ikutan acara blogger dan motret untuk refreshingnya. Menikmati hidup itu favorit...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cara Praktis Nulis Puisi
Workshop penulisan puisi

Cara Praktis Nulis Puisi

Selama empat hari, saya mengikuti workshop penulisan puisi yang diadakan oleh Komunitas Penulis Perempuan Indonesia ( KPPI ) Bandung. Ada dua narasumber yang sangat kompeten. Mereka adalah penyair kondang Cecep Syamsul Hari dan penulis Bambang Q Anees.

Inilah rangkuman cara menulis puisi yang bisa kita lakukan dengan mudah.

1. Gaya Cecep Syamsul Hari

Beliau ini menganggap bahwa cipta karya puisi termasuk sesuatu yang sakral.

Inilah beberapa tahap proses mencipta puisi :

a. Inspirasi

Inspirasi bisa diperpleh dari pengalaman dan pengetahuan.

b. Meditasi/ Kontemplasi

Pengalaman dan pengetahuan itu diendapkan, lalu diolah dengan rasa dan pikir.

c. Kreasi

Proses penciptaan karya sastra puisi.

d. Distansi

Karya yang sudah jadi diberi jarak untuk nanti dibaca kem!ali, diperbaiki.

e. Rekreasi

f. Publikasi

g. Apresiasi

h. Time Validity = validitas waktu

i. Eternitas = keabadian karya.

2. Gaya Bambang Q Anees

a. Selamatkan gagasan

2. Susun dan edit

3. Buatlah tulisan itu menjadi indah.

Kedua penyair itu sepakat agar kita sebagai penyair wajib memberikan frasa-frasa baru. Hindarilah bahasa klise !

Itulah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk menciptakan puisi. Selamat berkarya !

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Asek. Bakal nulis buku kedua dong, hehehe ....

10 Sep
Balas

Aamiin. Semoga makin produktif

10 Sep

Woww kerenn makasih ilmunya, saya bukan orang sastra, tapi suka sastra dan ingin belajar sastra hee...

14 Oct
Balas

Wah hebat. Padahal kemaren ikutan workshopnya.

14 Oct



search

New Post