Yayu Arundina

Saya adalah guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Cimahi. Suka juga ikut-ikutan acara blogger dan motret untuk refreshingnya. Menikmati hidup itu favorit...

Selengkapnya
Navigasi Web
Covid 19 Saatnya Kita Mengeksplorasi Diri
Media sosial, cara ampuh untuk menduniakan potensimu

Covid 19 Saatnya Kita Mengeksplorasi Diri

Hmmm... Berapa lama ya tantangan membuat video dari Pak Komandan, Muhamad Ihsan sudah meluncur? Setelah sekian purnama, baru kali ini, saya tulis dan videonya diunggah di My Channel: yayu arundina. Gak apa-apa ya, Pak 😊

Baiklah sobat yayuarundina, kali ini, saya ingin berbagi opini tentang virus Corona yang sedang mewabah ini. Membuat kita terkurung di rumah, gak bisa nongkrong, gak bisa jalan-jalan, gak bisa ngemall dan sebagainya... dan sebagainya. Bete gak sih? Selain itu, kitapun harus mampu menjaga jarak dengan orang lain, social distancing, bekerja dari rumah dan juga belajar dari rumah? Musibahkah?

Di satu sisi, ini adalah musibah bagi kita. Begitu banyak kematian yang terjadi dalam sekejap. Begitu cepat virus ini menyebar. Dan juga, masa karantina terus berlangsung.

Namun, di sisi lain Covid 19 ini membawa banyak hikmah. Kita jadi bisa dekat dan kumpul dengan keluarga. Kita bisa menikmati waktu santai, kita bisa lebih rileks dalam menjalankan aktifitas hidup. Betulkan?

Nah Sob, ada lagi nih hikmah lainnya. Apa itu? Inilah saatnya bagi kita semua untuk mengeksplorasi diri. Mengajak murid-murid kita untuk menelaah dirinya. Mengajak mereka melihat jauh ke dalam. Apa minat , bakat, hobi dan potensi yang dimilikinya?

Terus terang, hal semacam ini belum pernah kulakukan. Saya selalu berpikir tentang akademik, kegiatan rutin di sekokah, ekskul, kerja dan semacamnya. Baru tahu potensi diri setelah mengikuti tes psikologi. Ada yang setuju?

Nah, di masa karantina ini, saya ingin melakukannya. Membuka potensi, minat, bakat dan hobi murid-murid saya. Ini juga bisa menjadi solusi masalah keluhan orang tua dan siswa tentang banyaknya tugas. 😰 Cape, harus begadang, pusing tujuh keliling.

Di sini, kita akan mengajak mereka bersenang-senang. Menikmati aneka kegiatan yang suka mereka lakukan. Menyalurkan hobi. Berbagi informasi. Memberi inspirasi. Dan, yang terpenting adalah mengajak mereka untuk mengisi media sosial dengan konten-konten yang positif. Ayo, tenggelamkan konten negatif, seperti pornografi!

Selama satu atau dua minggu mereka bereksplorasi. Hasilnya diunggah di media sosial secara bebas, misal: WA, IG, You Tube, FB, twitter, dan sebagainya.

Ternyata, mereka kreatif juga loh. 😍👍 Banyak yang mencoba berbagi informasi dengan aplikasi Canva. Memberikan tutorial musik di You Tube. Memberikan arahan mengedit music box di Twitter. Memberikan tutorial cara bermain futsal bagi pemula dan lain sebagainya. Seru dan asyik melihat karya-karya mereka.

Semoga dengan ini, para siswa itu menjadi happy, tahu minat dan hobi masing-masing, serta mampu mengembangkan bakat dan potensi mereka.

Salam cerdas 😄😍👍

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow...sesungguhnya mereka kreatif.Perlu stimulus

07 Apr
Balas

Yup, betul Pak. Dan juga media serta kesempatan yah

07 Apr



search

New Post