Yayu Arundina

Saya adalah guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Cimahi. Suka juga ikut-ikutan acara blogger dan motret untuk refreshingnya. Menikmati hidup itu favorit...

Selengkapnya
Navigasi Web
Trik Belajar Membuat Simpulan
Siswa Membuat Simpulan Teks Persuasi

Trik Belajar Membuat Simpulan

Suatu ketika, halaman di buku pelajaran Bahasa Indonesia sampai pada bagian menyimpulkan teks persuasi. Waduh, ini sih bakalan macet dan membosankan proses belajarnya. Pasti para siswa pada diam dan ngantuk berat. Oooo... Musibah besar nih😥

Bagaimana caranya agar mereka bisa terlibat aktif dalam proses pembelajaran? Aku berkali-kali membaca materinya. Kemudian, sinar terangpun menyala di otakku.

Ini dia caraku menyajikan materi enyimpulkan teks persuasi di kelas 8.

Menyimpulkan teks membutuhkan konsentrasi dan proses berpikir. Maka, kita harus membimbjng mereka menuju proses berpikir atau bernalar tersebut.

Inti langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Menyimpulkan merupakan proses pembelajaran tahap akhir. Aku menemlatkannya diurutan ketiga. Pertama, membaca pemahaman. Kedua, menentukan ide pokok. Ketiga menyimpulkan. Dengan proses pembelajaran seperti itu, siswa diharapkan sudah memiliki pengetahuan siap untuk materi menyimpulkan.

2. Siswa diminta membaca kembali teks persuasif yang harus disimpulkan. Dalam hal ini, bacaannya tentang Sumpah Pemuda.

3. Siswa diberi waktu sekitar 20 menit untuk menentukan topik, menentukan ide pokok dan membuat simpulan teks.

4. Setelah itu, gurupun memberikan kesempatan kepada beberapa orang siswa untuk menjawab. Dalam hal ini, saya menggunakan daftar siswa sekaligus sebagai nilai harian. Saya menggunakan nilai ini sebagai nilai bonus untuk menambah nilai rapot.

5. 1 orang siswa menentukan topik. 7 orang siswa menentukan ide pokok. Dan 1 orang siswa membuat simpulannya.

6. Langkah berikutnya adalah meninjau dan merevisi simpulan. Tulis topik dan ide pokok di papan tulis.

7. Siswa diminta berpikir dan bernalar dalam membuat simpulan tersebut. Carilah hubungan logis dari semua ide pokok dan topik tersebut.

8. Secara bebas, siswa diminta menyampaikan pendapatnya.

9. Guru harus mencermati pemakaian bahasa mereka.

9. Simpulan yang benar, kita koreksi segi bahasanya. Lalu, siswa tersebut diminta untuk memperbaiki kalimat simpulannya. Siswa yang lainpun ikut dilibatkan.

10. Setelah kita mendapatkan simpulan yang benar dengan bahasa yang baik, maka setiap siswa diminta menyampaikan kembali simpulan tersebut.

11. Gurupun memberikan penilaian. Semua siswa mendapatkan poin atas simpulan yang terakhir disampaikannya.

Cara belajar seperti ini, membuat para siswa aktif berpikir dan ikut terlibat dalam proses pembelajaran. Apalagi ketika harus mengulang kembali simpulan yang benar. Jika lupa, mereka diberi kesempatan untuk mengulang sampai benar.

Demikianlah salah satu metode belajar yang melibatkan siswa untuk berpikir aktif.

Selamat mencoba.

Salam sukses!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post