Yayuk Kurniawati

Ibu dua orang putra tinggal di sebuah desa nan sejuk, Sumberejo Kota Wisata Batu. Dan masih banyak yang harus diperbaiki maka belajar adalah kebutuhannya....

Selengkapnya
Navigasi Web
Listening a song, why not?
An alternative in Teaching English.

Listening a song, why not?

Salah satu sumber pembelajaran bahasa Inggris yang menarik dan kaya akan budaya adalah lagu, khususnya lagu bahasa Inggris. Siswa yang biasanya tidak atau kurang nyaman dalam pembelajaran bahasa Inggris tidak akan merasakan hal tersebut lagi. Hal ini dikarenakan oleh suasana yang rileks dan santai yang diberikan oleh sebuah lagu. Lagu bahasa Inggris akan membantu meningkatkan kemampuan listening, speaking, reading dan Writing. Disamping itu bisa digunakan untuk mengajarkan bagian - bagian dari bahasa seperti pola kalimat, kosakata, pengucapan,irama,kata sifat dan kata keterangan. Menurut Saricoban dan Metin (2010), lagu bisa memberikan pemahaman budaya yang lebih mendalam dari sebuah bahasa yang di pelajari. Melalui lagu, tema - tema budaya dari bahasa yang dipelajari akan lebih efektif tersampaikan. Lagu bahasa Inggris memberikan motivasi dalam belajar karena menyajikan teks yang authentic.

Berdasarkan penjelasan tentang lagu bahasa Inggris di atas , banyak terdapat manfaat dengan menggunakan lagu dalam pembelajaran bahasa Inggris. Lewat lagu yang sudah umum di kalangan siswa, seorang guru bisa memenuhi apa yang dibutuhkan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Melalui lagu tradisional berbahasa Inggris, pengetahuan siswa akan budaya dari bahasa yang sedang di pelajari dapat meningkat. Lagu juga dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar. Beberapa lirik dari lagu sangat menarik. Hal ini membantu siswa meningkatkan kreativitas mereka pada bahasa yang mereka pelajari. Mereka dapat mengekspresikan lagu berdasarkan interpretasi masing-masing. Terakhir, lewat lagu ,para siswa juga bisa belajar bahasa Inggris secara mandiri karena lagu adalah salah satu sumber belajar listening secara intensive.

#Sumberejo, 13 April 2017#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul sekali. Kalau anak -anak sudah merasa familiar dengan kata- kata yang ada di lagu mereka senang, karena merasa sudah pernah tahu. Hal inilah yang akan memotivasi mereka untuk belajar.

13 Apr
Balas

Setuju Bu hal

13 Apr

Apalagi kalau mereka (siswanya) perform dengan lagu bahasa inggris, kreatifitasnya muncul semua. Nice mom

13 Apr
Balas

I do agree Mr.Yusna

13 Apr



search

New Post