Yayuk Prihidayanti, S. Pd. SD

Seorang Guru Sekolah Dasar yang hobi menulis. Senang belajar dan mencoba berkarya lewat kata. Bereksplorasi melalui tarian huruf, angka dan gambar lukis imajina...

Selengkapnya
Navigasi Web

Awali Langkah dengan Basmallah

Sebelum awali hari saat mata mulai terbuka menatap dunia, tersenyumlah dan ucapkan bismillaahirrohmaanirrohiim! Kemudian beri salam pada diri sendiri sebagai doa yang akan melindungi diri selalu. Jika segala sesuatu tidak diawali basmallah maka akan terputus dari ridla Allah.

Perjalanan hidup kita di dunia adalah kegiatan untuk mendapatkan bekal di kehidupan yang kekal abadi nanti. Segala sesuatu yang dikerjakan jika dimulai dengan basmallah supaya mendapat ridla Allah. Agar selamat dunia dan akherat. Ridla Allah adalah membuat Allah senang buka marah atau tidak suka atas apa yang kita lakukan.

Ridla Allah akan menuntun setiap gerak tubuh menuju kebaikan. Jika Allah tidak meridlai maka tak akan ada nilai kebaikan didalamnya. Walau mungkin itu dinilai baik dimata manusia, namun dimata Allah tidak.

Apa yang menyebabkan kebaikan tidak mendapat ridla Allah jika dilakukan untuk mendapat pujian manusia. Demi sebuah gengsi belaka. Allah tidak pernah meminta manusia berbuat baik padaNya. Semua kebaikan manusia akan kembali pada manusia itu sendiri. Allah tak pernah rugi manusia beribadah atau tidak. Manusia sendiri yang akan memetik setiap perbuatannya.

Ridla Allah akan didapat jika dilakukan dengan ikhlas semata. Hanya mengharap ridla Allah. Jika tangan kanan memberi tangan kiri tidak mengetahui. Hanya diri dan Allah yang tahu perbuatan baik itu. Sekali kita pamerkan nilai kebaikan pada manusia dan ibadah pada Allah, maka hanya mendapat pujian manusia saja.

Begitu tersirat atas suatu kebaikan, yang memang berat untuk mendapatkannya. Kita hanya manusia biasa tak bisa lepas dari riya. Kebanggaan kadang membuat lupa. Padahal semua itu hanya titipan yang tidak boleh disombongkan.

Jika langkah ini dimulai dengan basmallah dan diakhiri dengan hamdallah maka Allah akan meridlai dan menuntun setiap langkah yang terayun menuju kebajikan. Hilangkan semua rasa sombong, riya atau kebanggaan. Kebanggaan hanya milik Allah yang ditujukan pada malaikat dan syetan atas sikap manusia yang tahan cobaan. Kebanggaan manusia hanya akan menunjukkan sikap sombong dan pamer.

Semua yang kita punya adalah milik Allah yang lewat untuk dapat kita genggam, pakai dan gunakan. Setiap saat apa yang kita miliki bisa lepas, hilang dan berpindah tangan. Bahkan berkurang nilai harganya sesuatu yang sudah di pakai.

Namun ibadah dan ridla Allah tidak pernah usang. Jika menumpuk terus akan menjadi gunung pahala tabungan kelak kita di akherat. Jangan sepelekan ibadah yang tak terlihat mata. Beratnya pahala melebihi apa yang tersurat atau terlihat mata.

Penulis pernah dengar tauziah seorang ulama yang mengatakan seorang marbot adalah orang yang mendapat pahala paling besar di ibadah shalat jamaah. Dia yang menyapu masjid, menyiapkan peralatan masjid, tempat iman dan kebersihan yang menjadi syarat mutlak sah tidaknya ibadah shalat. Tanpa peran marbot, masjid yang kotor dan ada najis maka ibadah orang itu tidak akan sah.

Orang yang selama ini disepelekan. Dia tidak tampil ibadah dengan khusuk. Tidak terdengar tartil dan merdu suaranya, namun mendapat pahala paling besar. Jadi jangan sepelekan ibadah orang-orang kecil yang tak mempunyai harta, benda dan jabatan.

Sebagaimana saat kematian orang-orang kecil itu yang akan mengeruk tempat tidur akhir, dan mengangkat tubuh jenazah yang tak bisa bergerak. Bukan pejabat yang selama ini kita hormati, bukan anak-anak yang selama ini kita sayangi namun orang-orang yang berani kotor buatkan rumah kita.

Jadi basmallah adalah sumber kekuatan yang akan mengantarkan langkah kaki kita menapaki kehidupan yang akan dijalani. Ridla Allah ayang akan membimbing setiap gerak dan langkah menuju kebaikan. Allah tak akan membiarkan makhluknya yang menyebut namanya terpedaya.

Dengan basmallah semoga Allah memberi kesehatan tubuh kita mewujudkan kesempatan yang diberikan Allah dalam kehidupan kita. Apa yang mungkin sulit dilakukan dengan kekuatan Allah yang Rohmaan dan Rohiim insyaallah akan bisa terwujud.

Allah Maha Rohman menyayangi semua hambanya di dunia ini walau dia tawadluk atau tidak. Allah Maha Rohim mmengasihi hambanya yang tawadluk padanya. Kasih Allah tak terbatas pada hamba-hambanya. Semoga nur rohman dan rohim Allah menyatu dalam jasad kita untuk bisa meneladaninya.

Dengah basmallaah semoga hidup kita diridlai Allah dalam setiap langkah mewujudkan impian. Dengan basmallah semoga apa yang kita dapat berkah. Dengan basmallah semoga semua usaha kita berakhir dengan indah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren dan menginspirasi.. baarokallah ibu

11 Jan
Balas

terima kasih Bunda salam sukses

11 Jan

Sepakat Bucantik dengan ulasan menawannya. Sehat dan sukses selalu

10 Jan
Balas

Terima kasih Bunda sukses dan sehat selalu buat Bunda juga

11 Jan



search

New Post