Yeni Hermayanti

Menjadi guru sejak 2002 sampai sekarang di SMK SMAK Padang, ibu 5 orang putra putri, istri dari Mai Efdi...

Selengkapnya
Navigasi Web

Gabung Webinar Pentigraf

Dalam beberapa bulan ini sering terbaca tulisan yang ada di facebook atau laman gurusiana pentigraf. Apa itu pentigraf? Apa ada istilah baru dalam bahasa indonesia, maklum sudah lama tidak belajar bahasa Insonesia. Ada juga buku-buku yang terlihat berisikan gabungan penulis-penulis pentigraf. Bertambah penasaran rasanya?

Dua minggu yang lalu ada iklan di group wa Kelas menulis dagu sabu kota Padang bahwa MediaGuru mengadakan Webinar 5 mengupas tema "Meneroka Dapor Pentigraf" bersama penemunya Pak Tangsoe Tjahjono. Bertambah penasaran lagi nich. Aku coba klik tautan untuk mendaftar ternyata diminta nomor kartu anggota gurusiana, alhamdulilah kartunya sudah selesai walaupun baru virtual. Tak lama gabung untuk masuk ke group wa Webinar 5. Ternyata di group ini berseleweran tulisan pentigraf bapak/ibu seluruh indonesia bertambah penasaran rasanya.

Sabtu, 20 Juni 2020 hari yang di tungu-tunggu tiba. Mulai start laptop dari jam 8 kurang, sudah diperbolehkan masuk oleh host. Sebelumnya pak Ihsan CEO mediaguru sedang mengshare kegiatan Kuis interaktif Webinar MediaGuru di media youtube. Acara di mulai jam 8 lebih beberapa menit yang langsung di buka oleh Pak Ihsan.

Selanjutnya Pak Tangsoe sebagai penemu pentigraf langsung memaparkan tentang pentigraf yaitu cerpen tiga paragraf. Dikatakan pentigraf sebab syarat utamanya tetdiri dari tiga paragraf tidak lebih dan tidak kurang dan maksimal terdiri dari 210 kata pada halaman A5. Panjang lebar Pak Tangsoe menjelaskan tentang pentigraf dan contoh-contohnya semakin membuat jelaslah semuanya yang kabur sebelumnya.

Selanjutnya ada Pak Eko Prasetyo sebagai Pamred MediaGuru juga menjelaskan berbagai macam tata cara penulisan pentigraf yang juga memberikan quis-quis ke pada peserta Webinar sehingga membuat suasana menjadi lebih hidup apalagi hadiahnya buku pak Tangsoe Meneroka Dapur Pentigraf yang ditanda tangani oleh Pak Tangsoe sendiri.

Webinar ini diikuti oleh sekitar 600 peserta, namun ada beberapa yang tidak bisa mengikuti dengan aplikasi zoom karena sinyal atau berlebihnya kapasitas peserta dapat mengikuti live streaming pada chanel MediaGuru di youtube. Kegiatan berakhir dengan tanya jawab yang diwakili dari beberapa peserta mendekati jam 11.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post