Yenni Andriani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Penggunaan metode Pembelajaran role playing pada materi persamaan akuntansi

Seorang guru yang baik, harus memiliki standar kompetensi pedagogik yang salah satu aspeknya adalah menguasai metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat dilakukan oleh Guru di kelas adalah dengan menerapkan model pembelajaran bermain peran (role playing). Pengertian pembelajaran role playing adalah metode pembelajaran di mana siswa langsung memerankan suatu masalah yang memfokuskan pada masalah-masalah tentang hubungan manusia. Siswa diberikan kesempatan untuk menggambarkan atau mengekspresikan suatu tokoh yang diperankan dan siswa-siswa lainnya mendapat tugas untuk mengamati tentang jalannya drama. Pada bagian tertentu misalnya di bagian tengah, guru dapat menghentikan drama dan memberi kesempatan pada siswa-siswa untuk mengeluarkan pendapat serta kritik mengenai materi pembelajaran yang sedang dipelajari.

Materi Persamaan akuntansi marupakan materi yang diajarkan kepada siswa kelas 12 IPS. Hasi observasi sebelumnya di kelas menunjukan pemahaman siswa terhadap akuntansi sangat kurang dikarenakan kesulitan bagi guru untuk menyampaikan materi secara maksimal sehingga mudak dipahami oleh siswa.

Pengalaman saya selama ini sebagai guru akuntansi, untuk materi ini kelihatannya lebih cocok menggunakan metoda pembelajaran role playing. dimana siswa dapat mempraktekan langsung perannya seperti yang tertera dalam cerita soal akuntannsi, sebagai contoh : dalam perusahaan jasa, contohnya disebuah salon , ada yang berperan sebagai pemilik salon, ada yang berperan sebagai pelanggan salon, ada yang berperan sebagai pemilik gedung /ruko tempat penyewaan salon, ada yang berperan sebagai penjual peralatan dan perlengkapan salon. untuk praktek persamaan akuntansinya digunakan uang mainan. , hal ini akan memudahkan siswa dalam bertransaksi, sehingga siswa menjadi lebih paham akan materi persamaan akuntansi.

Demikian pengalaman saya dalam menerapkan metoda pembelajaran role playing untuk materi persamaan akuntansi, dan alhasil dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren karyanya...... teruslah berinovasi bu Yenni....

11 May
Balas



search

New Post