yenni lusia

Seorang PNS, seorang ibu dari 2 putra, seorang perempuan biasa yang selalu ingin meningkatkan pengetahuan dan kemampuan sehingga dapat memberi manfaat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jangan Buang Sia-Sia Air Cucian Beras dan Cangkang Telur

Jangan Buang Sia-Sia Air Cucian Beras dan Cangkang Telur

Hampir setiap rumah memiliki tanaman hias. Ada yang serius memelihara dan merawatnya secara rutin namun ada juga yang tudak memberikan perhatian untuk kesuburan dan keindahan tanamannya tersebut. Biasanya akan nampak nyata perbedaan antara tanaman yang dirawat dan dibiarkan tumbuh seadanya.

Tanaman hias, sebagaimana makhluk hidup lainnya, membutuhkan perhatian dan nutrisi agar dapat tumbuh subur dan indah. Setiap pencinta tanaman akan merasa bahagia hika tanaman yang dirawwtnya menunjukkan bakti dengan memberi keindahan yang maksimal.

Penulis ingin berbagi tips yang mudah dikakukan agar tanaman hias dapat tumbuh subur dan indah hanya dengan memberi pupuk yang berasal dari sampah organik aktivitas dapur sehari-hari.

Sampah organik dapur diantaranya dapat dibuat menjadi kompos, pupuk cair dan eco enzym. Untuk pemula biasanya masih enggan untuk melakukan pengolahan kompos dan eco enzym.ini karena memerlukan sarana tambahan dan membutuhkan waktu yang lama. Senestinya pemilahan dan pengolahan sampah memang harus dilakukan oleh setiap rumsh tangga.

Untuk pemula, ada 2 jenis sampah organik dapur yang dapat dengan mudah dijadikan pupuk tanaman yaitu air cucian beras dan cangkang telur.

Air cucian beras jangan dibuang tapi ditampung dalam sebuah wadah, boleh langsung disiramkan atau diendapkan satu malam baru digunakan. Nutrisi dan bakhteri yang terkandung dalam air cucian beras yang diendapkan dapat merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman. Puouk air cucian beras akan berperan dalam terbentuknya zat hijau daun yang merupakan syarat penting dalam proses fotosintesis. Itulah sebabnya tanamsn menjadinlebih subur dan indah dipandang mata.

Sedangkan pupuk yang berasal dari cangkang telur dapat di hasilkan melalui 2 cara yaitu kering dan cair. Untuk cara kering, bersihkan cangkang dan keringkan kemudian diremas-remas menjadi bagian yang halus. Cangkang halus ini akan menjadi nutrisi jika dicampurkan ke media tanam atau tansh kompos. Sedangkan pupuk cair dari cangkangvtelur di hasilkan setelah melalui proses perebusan terlebih dahulu. Cangkang yang sydah dibersihkan dan dikeringkan diremas-remas dan direbus sampai mendidih. Diamkan 1 malam dan disaring. Air hasil saringan sudah dapat digunakan dengan memasukkan kedalsm botol spray. Semprotkan kebsgian tanah media tanam. Ksndungan kalsium dan kalum dari cangkang telur ajab merangsang kesuburan tanaman dan berbakti lebih maksimal. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Sweetfourteenhome, 15.03.2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makasih tipsnya lusi. Ntar dicoba juga

16 Mar
Balas

Sama2 Neni

16 Mar

Setelah saya baca ulang pada pagi ini ternyata ada beberapa tipo dalam artikel saya ini. Keterbatasan sarana dan dangkal ilmu dalam penggunaan smartphone namun saya tidak ingin melewatkan tantangan menulis maka untuk pertama kalinya saya mencoba menulis langsung di laman ini. Walau sudah melakukan cek dan ricek rupanya masih ada yang luput dari pandangan mata. Semoga dapat dimaklumi dan menjadi catatan bagi saya untuk lebih teliti lagi ke depannya. Terima kasih

16 Mar
Balas



search

New Post