Yenni Salfianis

Lahir di Koto Baru kec.x koto tanggal 23 Januari 1962. Mulai bertugas menjadi guru sejak tahun 1981 sampai sekarang. Saat ini bertugas di Sdn 05 Baringin ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bimtek SPMI LPMP Padang

Bimtek SPMI LPMP Padang

Hari ini pukul 07:15 aku berangkat bersama kepala sekolah mengikuti bimtek sekolah model. Perjalanan dari Batusangkar ke Padang butuh waktu tempuh 2.5 jam. Pukul 09:30 kami sampai di Padang, kami melakukan pengisian kelengkapa administrasi yang diperlukan. Setelah itu kami menuju ruang pembukaan karena acara akan segera dimulai. Aku memilih tempat duduk di depan sekali, karena aku tak ingin meleqatkan informasi yang diberikan instruktur, hal ini sangat penting untuk dibawa ke sekolah nanti.

Acara dimulai dengan pwmbacaan ayat suci Alqur'an dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian ditutup dengan doa.

Setelah itu laporan kegiatan dari panitia, kata sambutan dari kepala LPMP, dilanjutkan kata sambutan kepala dinas pendidikan provinsi, sekaligus peresmian acara.

Diantara sambutan dari kepala dinas, ada kata-kata bijak dan bermanfaat serta perlu direnungkan yaitu, Allah pernah memberi tugas kepada gunung, ternyata gunung tidak menyanggupi, ketika diberikan kepada manusia, maka manusia menerima nya yaitu untuk menjadi khalifah di bumi ini. Hal itu sudah menjadi kodrat bagi kita saat ini untuk melanjutkan nya sebagai manusia yang telah menyanggupi tugas itu.

Bicara soal tugas kita guru saat ini harus kreatif, inovatif, komunikatif dan dapat memprediksi apa yang akan dihadapi peserta didik ketika mereka dewasa nanti. Diperkirakan pada tahun 2025 nanti, aka ada 1.5 milyar pekerjaan yang akan terhapuskan. Misalnya saat ini ada yg berkata biar aku jadi pekerja kasar saja atau kuli bangunan, nah saat ini untuk memperlebar jalan, menggerus selokan dipinggir jalan cukup dikerjakan pakai mesin keruk, biasanya dikerjakan oleh 18 orang, saat ini cukup satu orang dan dalam waktu yang singkat saja. Kalau ada yang berniat biar dia jadi petani saja, saat ini untuk membajak sawah tak perlu lagi banyak otang, ada traktor yang menggantikan. Nah jika anak cucu kita ini besar nanti tentunya dia itu berafa pada zaman yang serba canggih, apa yang akan terjadi dengan mereka.

Banyak kegalauan yang kita rasakan saat ini. Untuk menjawab pertanyaan dan tantangan ini perlu kita pikirkan bersama, bagaimana agar anak cucu kita nanti mampu menjawab tantangan dan perkembangan zaman yang akan mereka temui nanti.

Dalam bimtek ini, kita akan coba memandang jauh kedepan, bagaimana kita bersama memberikan solusi nya. Yang penting kita berbuat dan berusaha melakukan sesuatu untuk mempersiapkan mereka nanti.

Setelah selesai acara pembukaan, kami bubar, kaum bapak pergi shalat jumat, aku dan teman sekamar dari lain daerah pergi ke kamar, istirahat sejenak, kemudian kami pergi makan, setelah itu ke kamar lagi dan shalat zuhur. Aku dan teman ku istirahat sejenak. Nanti pukul 16:00 baru materi dimulai. Semoga aku bisa mengikuti dengan baik. Restu dan ridhoMu ku pinta ya Allah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post