Yeny,SPd.I, C.STMI

Yeny lahir di Tangerang, 12 Mei 1975, Anak pertama dari 3 bersaudara, dikaruniai 2 Orang putra, Anak pertama bernama zayyan Alif Alfaizzi lahir pada tangg...

Selengkapnya
Navigasi Web
HARAPANKU DI MEDIA GURU INDONESIA

HARAPANKU DI MEDIA GURU INDONESIA

Tantangan Gurusiana. Tantangan hari ke 11

Oleh: Yeny

Al-Kahfi [18]:110

قُلْ إِنَّمَآ أَنَا۠ بَشَرٌ مِّثْلُكُمْ يُوحَىٰٓ إِلَىَّ أَنَّمَآ إِلٰهُكُمْ إِلٰهٌ وٰحِدٌ ۖ فَمَن كَانَ يَرْجُوا۟ لِقَآءَ رَبِّهِۦ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صٰلِحًا وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِۦٓ أَحَدًۢا

Katakanlah: "Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa".

Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya".

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

" Allah memerintah nabi untuk menjelaskan jati dirinya. Katakanlah, 'sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang telah diwahyukan kepadaku sesuai kehendak Allah bahwa sesungguhnya tuhan kamu yang menjadi tujuan ibadah adalah tuhan yang maha esa, baik dalam zat, sifat, maupun perbuatan-Nya. Maka, barang siapa mengharap pertemuan dengan tuhannya dan menghendaki ganjaran atas amal perbuatannya di akhirat kelak, maka hendaklah dia selalu mengerjakan kebajikan dan menjauhi semua hal keji dan mungkar serta janganlah dia mempersekutukan dengan sesuatu pun dalam beribadah kepada tuhannya. Hendaklah dia beribadah kepada-Nya dengan tulus, bukan karena ria, dan dilandasi niat untuk menggapai rida-Nya."1. Bila surah al-kahf ditutup dengan penegasan tentang luasnya ilmu Allah dan perintah untuk berbuat kebajikan dan bertauhid dalam ibadah kepada-Nya. maka surah maryam mengingatkan kembali manusia tentang ilmu Allah lainnya yang terkandung dalam berbagai ayat Al-Qur'an, seperti k'f h' y' 'ain s'd. Makna sesungguhnya dari ayat ini hanya diketahui oleh Allah. Tujuannya adalah menggugah perhatian manusia tentang Al-Qur'an yang penuh hikmah dan tuntunan.

Kata harapan bisa menjadi sebuah kata ajaib bagi seseorang untuk mengubah pola pikir, pola hidup dan pola bercengkrama dengan Sang Semesta.

Orang yang sedang sakit bisa menjadi kuat karena adanya harapan untuk kembali sehat, orang yang terkena musibah akan tetap bersabar dengan adanya harapan akan ada hikmah dibalik semuanya, habis gelap terbitlah terang, orang yang mempunyai cita-cita akan terus berjuang berikhtiar dengan adanya harapan keberhasilan itu akan datang sesuai waktu yang tepat.

Itu semua menunjukkan bahwa setiap diri adalah motivator, dan Allah berikan modal itu kepada semua manusia, sebagai bekal mengarungi kehidupan dunia tempatnya berjuang, karena kehidupan yang sesungguhnya adalah akhirat di keabadian, apapun yang kita lakukan kabaikan, keburukan itu semua adalah tabungan yang akan kita tuai di kemudian.

Harapan akan menjadi indah dan bergairah bagi mereka yang optimis untuk berjuang dan mewujudkannya, dengan meningkatkan segala ikhtiar dan doa, menyertakan Tuhan dalam setiap langkahnya, namun Harapan itu akan sia sia jika kita hanya sekedar yakin tanpa usaha, akhirnya harapan itu menjadi angan-angan belaka.

Dan aku tidak mau harapan aku, hanyalah harapan tanpa ada ikhtiar, doa dan tindakan, melalui grup media guru Indonesia aku berharap dapat meninggalkan rekam jejak melalui sebuah tulisan, tulisan bagaimana diri ini yang ingin mengenal al-qur, an lebih dekat, bagaimana diri ini yang sangat ingin al-qur, an ada dihatinya, bagaimana diri ini, dengan berbagai upaya, belajar menghapal al-qur, an walaupun dengan terbata bata, bagaimana diri ini, selalu ingin terlibat disetiap acara yang diadakan oleh gurunya dalam membersamai para santrinya dalam menghapal al-qur, an berharap dirinya mendapat syafaat dari al-qur, an,

Karena begitu yakinnya diri ini, bahwa diakhirat kelak yang akan mendampinginya bukan suaminya yang tampan, bukan harta yang dimilikinya, bukan jabatannya, tapi yang mendampinginya adalah al-qur, an yang dibacanya dan di amalkannya semasa hidup di dunia.

Dan Melalui Media Guru Indonesia, aku berharap seluruh aktifitas aku, saat membersamai para penghafal al-qur, an bisa didokumentasikan dalam bentuk gambar dan tulisan, dan semoga bisa menjadi inspirasi untuk seluruh guru di penjuru Indonesia, untuk terus memotivasi diri menjadi manusia yang bermanfaat, menghasilkan karya melalui telent yang dimiliki.

Mungkin kita tidak fasih dalam membaca Al-Qur'an, tapi kita ingin mendapat syafaat dari al-qur, an, mendekatlah pada orang yang pandai membaca alqur'an, bismillah libatkan diri kita disela waktu luang kita, untuk ikut serta membersamai mereka, teruslah berkumpul dengan orang orang yang sholeh, agar mereka menjadi syafaat diakhirat kelak.

Karena di dunia kita tidak tau, berapa banyak orang yang telah tersakiti oleh sikap kita, karena didunia kita tidak tau berapa maksiat yang telah kita lakukan tanpa sengaja.

Melalui media guru Indonesia, berharap bisa menjadi wadah bagi diri ini, dalam menuliskan pengalaman atau kejadian atau aktifitas yang dilakukan dalam kesehariannya, aktifitas dalam menebar manfaat, aktifitas dalam upaya memuliakan dan membahagiakan orang lain.

Aktifitas menjadi pribadi yang bahagia dan membahagiakan.

Karena sejatinya semua orang adalah guru bagi kehidupannya masing masing, pengalaman pahit akan dijadikan pelajaran dan hikmah untuk terus kita memperbaiki diri, pengalaman manis untuk kita semakin bertambah syukur karena Allah terus memuliakan dan memberikan kasih dan sayangnya.

Pengalaman pahit yang terjadi karena Allah sedang menguatkan diri kita, agar tau arti tentang sabar dan ikhlas, dan agar kita hanya bergantung dan berharap hanya padaNYA.

Dan aku yakin karena kasih sayang Allah-lah, Aku diberikan kemudahan bisa bergabung di Media Guru Indonesia dan MGI menjadi wasilah untuk aku berkarya, dalam bentuk coretan singkat rekam jejak seorang guru, yang rindu pulang dalam keadaan fitrah, karena garis finish menuju tempat keabadian itu sudah pasti di depan kita, kita semua hanya sedang mengantri menuju garis finish itu.

Ciwidey, 26 Januari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin YRA..mantab tausahnya...

28 Jan
Balas

Masya Allah, nasehat untuk diri sendiri pak, yang masih fakir ilmu

16 Feb

Terima kasih pak leck Murman

28 Jan
Balas

Terima kasih kepada semua teman yang sudah like kolom ini di grup MGI

28 Jan
Balas



search

New Post