Yesi Arisanti

Guru di Yayasan Igasar Semen Padang, Kota Padang, Sumatra Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membaca Itu Mengasyikkan

Membaca Itu Mengasyikkan

Oleh: Yesi Arisanti

Kemampuan membaca merupakan faktor penting dalam mengembangkan wawasan, pola pikir, dan pemahaman terhadap beragam konteks kehidupan manusia. Upaya membudayakan kegemaran membaca bisa dilakukan di lingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat.

Kegemaran membaca perlu ditanamkan dan dilatih sedini mungkin. Dukungan kegemaran membaca diperlukan kolaborasi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat. Bagi seorang anak, buku lebih dari sekadar bacaan, tetapi merupakan impian, pengetahuan untuk masa depan sekaligus masa silam.

Benar menurut kata bijak, bahwa buku adalah jendela dunia. Kejadian ini saya alami beberapa waktu yang lalu. Tepatnya saat saya mengajar secara daring. Saya duduk di perpustakaan. Tiba-tiba datang beberapa siswa yang duduk di kelas rendah (kelas 3) langsung berbicara dengan petugas perpustakaan di sekolah tempat saya mengajar.

“Bu, ini bukunya. Boleh dipinjam buku yang lain, Bu?”

Saya terdiam, terpaku mendengar ucapannya. Saya perhatikan mereka langsung menuju rak buku cerita anak. Memilih buku yang mau mereka pinjam. Mata saya tak lepas memandang mereka sambil tersenyum.

Saya mendekati mereka sambil bertanya, “Lagi membaca buku apa, Nak, asyik sekali Ibu lihat. Buku yang dipinjam kemarin tentang apa?”

“Itu buku misteri, Bu, petualangan ayah bersama anaknya ketika mendaki gunung,” ucapnya dengan wajah yang berbinar.

Saya pancing agar mereka menceritakan buku yang dipinjamnya. Dengan mimik yang membuat saya tersenyum, mereka bergantian menceritakan buku yang sudah dibacanya.

Bahkan mereka menceritakan legenda Malin Kundang dengan baik karena mengetahui dari wali kelasnya. Mereka juga tahu bahwa Batu Malin Kundang juga ada di Pantai Air Manis, Padang, Sumatra Barat.

Saya memuji mereka. Saya pura-pura tidak tahu cerita yang disampaikannya. Mengucapkan terima kasih karena sudah berbagi cerita yang sudah diketahuinya.

Ternyata buku yang dipinjam anak-anak ini berbeda-beda, tergantung kesukaannya. Ada yang menyukai buku petualangan, misteri, sains, dan, dongeng.

Inilah yang kita harapkan, menumbuhkan minat baca anak sedini mungkin. Walaupun di lapangan kita banyak melihat, kegemaran membaca ini masih kurang diminati oleh anak-anak. Apalagi saat pandemi ini, anak-anak lebih banyak memegang gadget daripada buku. Hal ini disebabkan karena gadget memang salah satu alat yang dibutuhkan meraka saat belajar daring.

Sebagai guru sekolah dasar, saya tetap berpikir positif untuk menumbuhkan minat baca anak-anak. Mungkin bisa dengan cara menceritakan kepada mereka terlebih dulu, tapi tidak tuntas agar mereka penasaran dan ingin mengetahui kelanjutan cerita tersebut dengan mengunjungi perpustakaan. Seperti yang telah dilakukan teman-teman saya yang mengajar di kelas rendah. Insyaallah ini adalah salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca mereka. Semoga.

Padang, 11 Maret 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya, keren cara pikirnya. Insyaallah dengan guru yang mempunyai wawasan yang luas, generasi yang lebih baik ke depannya dapat terwujud. Aaaamiiin.

13 Mar
Balas

Anak yang pintar

13 Mar
Balas

Anak anak yang luar biasa Bund. Sukses selalu dan barakallahu fiik

11 Mar
Balas

Aamiin yaa Rabb. Makasih Bu Vivi. Sehat dan sukses selalu untuk Ibu ya

13 Mar

Mantab bun, tetap semangat menumbuhkan semangat lierasi anak bangsa.

11 Mar
Balas

Makasih Bu Rahmawati

13 Mar

Keren bu ulasannya

11 Mar
Balas

Makasih Bu Sofiati

13 Mar

Asyeeek ulasan nya. Semoga makin bertambah anak anak yang mau membaca. Keren say

13 Mar
Balas

Senang sekali melihat anak-anak memiliki minat baca tinggi. Perpustakaan harus menyediakan semua jenis buku cerita yang memang diminati anak. Pesan yang disampaikan melalui cerita menjadi menarik, tidak terkesan menggurui. Selamat Bu. Tumbuhkan terus minat baca mereka untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Sukses selalu.

14 Mar
Balas

Keren menewen. Bu Yesi memang hebat merangkai kata-kata motivasi. Malah saya termotivasi untuk membaca lebih giat lagi. Makasih, Bu Yesi, motivator sejati.

11 Mar
Balas

Makasih Bu Uki, saya banyak belajar dari tulisan Bu Uki

13 Mar

Anak-anak masa depan Bu.. Salam literasi

11 Mar
Balas

Makasih ya, Bu

13 Mar

Keren bunda runtut ceritanya bagus, menginspirasi, salam sukses bunda Yesi

11 Mar
Balas

Alhamdulillah, makasih Bu Indaryati. Sehat dan sukses selalu untuk Ibu ya

13 Mar

Keren bundo Esi. Bisa menggali informasi yg dibacA siswa. Setidaknya dua kompetensi sekalugus. Membaca dan speaking... Keren.

12 Mar
Balas

Benar, Bi, saya senyum-senyum sendiri melihat mereka menceritakan buku yang dibacanya. Sehat dan sukses selalu ya, Bi

13 Mar

Keren bunda, anak didik yang aktif dan inspiratif. Ma'af apresiasi sedikit, kenapa tidak langsung sebut kelas 3 (kelas rendah). Semangat selalu

11 Mar
Balas

Makasih Bu Effi

13 Mar

Jadi ingat masa kecil, waktu bapak selalu membelukan buku bacaan tuk putranya. Tulisan yang indah Bunda. Sukses selalu.

13 Mar
Balas

Heehee, jadi ingat masa kecil ya, Bu. Sehat dan sukses selalu ya, Bu

13 Mar



search

New Post