Yesi elfrida, S. S

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Rumah Baca Sofie tak Pernah Sepi sejak Berdiri

Rumah Baca Sofie tak Pernah Sepi sejak Berdiri

Bila ditilik dari jumlah buku yang tersedia dan luas ruangan yang mampu saya sediakan. Rumah Baca Sofie belumlah layak disebut sebagai perpustakaan bahkan untuk disebut sebagai perpustakaan mini sekalipun. Namun, berbekal kuatnya keinginan dan harapan untuk meningkatkan minat baca terutama di kalangan pelajar, saya bulatkan tekad untuk membuka ruang baca yang saya namai dengan "Rumah Baca Sofie", meskipun dengan segala keterbatasan.

Tepatnya 23 Maret 2017, Rumah Baca Sofie ( kata "sofie" saya ambil dari nama anak kedua saya) saya buka secara resmi untuk siapa saja yang memiliki ketertarikan membaca, khususnya bacaan-bacaan fiksi seperti novel, kumpulan cerpen, dongeng dan cerita anak. Di samping itu terdapat pula sejumlah buku biografi tokoh-tokoh terkenal Indonesia. Sejak saat itu, hari demi hari pengunjung Rumah Baca Sofie kian hari kian bertambah.

Hal itu memantik semangat saya untuk terus memperbanyak buku di Rumah Baca Sofie, agar lebih banyak pula buku yang bisa dibaca oleh pengunjung Rumah Baca Sofie. Buku-buku di Rumah Baca Sofie yang awalnya hanyalah koleksi pribadi, yang setelah selesai dibaca hanya akan tergeletak penuh debu menghuni rak-rak buku, akhirnya saya putuskan untuk mengubah nasib buku-buku berdebu itu menjadi lebih bermanfaat bagi orang banyak. Ada sekitar 200 judul buku koleksi pribadi saya saat itu, rata-rata bergenre novel Indonesia. Dengan jumlah yang tak cukup mumpuni itu, saya tetap keukeh ingin berbagi bacaan dengan wadah Rumah Baca Sofie ini.

Di awal-awal dibukanya Rumah Baca Sofie, tak banyak dukungan yang saya dapatkan, beberapa bahkan menganggap Rumah Baca Sofie hanya angan-angan yang terlalu saya besar-besarkan. Tapi saya tidak mundur selangkah pun, saya bertahan dengan keyakinan bahwa memang mengajak orang membaca bukanlah hal yang mudah, maka saya pun harus memiliki kesabaran lebih untuk mewujudkan impian saya, untuk ikut ambil bagian dalam meningkatkan minat baca, terutama dikalangan siswa SMA Negeri 1 Rengat, tempat saya mengabdi sebagai guru.

Tiap kali punya rezeki lebih, saya sisihkan untuk membeli buku. Agar koleksi buku di Rumah Baca Sofie terus bertambah. Dengan harapan Rumah Baca Sofie dapat lebih bermanfaat bagi pengunjung yang berkeinginan membaca, dan alhamdulillah saat ini sudah tersedia 300 lebih judul buku di Rumah Baca Sofie.

Hingga hari ini Rumah Baca Sofie terus berbenah. Jika punya waktu, datang dan berkunjunglah untuk membaca satu atau dua judul buku di sana.

Jangan menunggu apapun untuk memulai sesuatu, sebab menunggu hanyalah wujud dari usaha yang tak sungguh-sungguh. Ahai..!!!

Salam Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post