YETI ARI KUSWANTI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

DAMPAK PENGGUNAAN TELEPON GENGGAM BAGI SISWA

A. Latar Belakang Masalah

Manusia adalah makhluk sosial yang harus senantiasa berkomunikasi dengan manusia lainnya. Komunikasi berasal dari bahasa Latin yaitu kata communis yang berarti ‘membuat kebersamaan’ atau ‘membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih’.

Untuk mendukung kepentingan manusia dalam berkomunikasi diciptakanlah alat komunikasi yaitu sinya asap (200 SM), burung merpati (abad ke-12), telegraf (tahun 1844), telepon kabel (tahun 1950-an), telepon genggang atau ponsel atau handphone (tahun 1973). Seiring dengn berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, handphone semakin berkembang hingga saat ini handphone lebih dikenal dengan smartphone. Smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi dengan fungsi yang menyerupai komputer, karena kegunaannya yang berkembang pesat banyak hal yang dapat diakses menggunakan fitur browser yang terdapat pada smartphone.

B. Fungsi Telepon Genggam

Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon,ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, sms). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon gengam mereka. Sekarang, telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi,perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet.

C. Dampak Penggunaan Telepon Genggm

Berikut ini akan dijelaskan dampak-dampak positif dari kemajuan teknologi komunikasi :

1. komunikasi menjadi lebih mudah.

Fungsi handphone yang paling banyak digunakan yaitu setiap pengguna handphone dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Kini handphone dilengkapi dengan fitur pesan dan telepon yang memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang di daerah lain ataaupun di negara lain. Bahkan sekarang handphone telah menganut sistem berbasis 3G dimana seseorang dapat berkomunikasi via telepon sekaligus melihat wajah lawan bicaranya.

2. Pencarian informsi menjadi lebih mudah.

Handphone yang kini semakin canggih, dapat digunakan untuk internet.sehingga pengguna handphone dapat mengakses informasi dengan menggunakan handphone lewat media internet.

3. Prose pembelajaran menjadi lebih mudah.

Di zaman yang sudah modern,kini handphone dapat digunakan seperti halnya komputer. dalam handphone juga terdapat aplikasi untuk membuka internet. Layanan online dalam pendidikan pada dasarnya adalah memberikan pelayanan pendidikan bagi pengguna (siswa) dengan menggunakan internet sebagai media. Layanan online ini dapat terdiri dari berbagai tahapan dari proses program pendidikan seperti: pendaftaran, tes masuk, pembayaran, perkuliahan, penugasan kasus,pembahasan kasus, ujian, penilaian, dan diskusi.

4. Sarana untuk mencari hiburan

Beberapa perangkat hasil dari teknologi komunikasi menyediakan fasilitas game, audio, dan video.

5. Pelajar tidak ketinggalan teknologi

Siswa dapat mengikuti perkembangan era teknologisasi dunia dan siswa dapat lebih produktif, efektif dan efisien dalam waktu, energi dan biaya karena ada sarana komunikasi yang memudahkan urusannya.

Berikut ini akan dijelaskan dampak-dampak negatif dari penggunaan telepon genggam:

1. Perkembangan anak

Menganggu perkembangan anak dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di handphone seperti: kamera, permainan (games) akan menganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah.tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms/misscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Ada yang menggunakan handphone untuk mencontek dalam ulangan, bermain game saat guru menjelaskan pelajaran, dan sebagainya. Jika hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.

2. Menurunkan prestasi belajar siswa

Dalam kehidupan pelajar yang tidak jauh dari handphone, menjadikan pelajaran lebih senang memanfaatkan handphone daripada buku pelajaran. Hal tersebut dapat menganggu pelajar serta menghambat presentasi belajar.

3. Efek radiasi

Selain berbagai kontraversi di seputar dampak negatif penggunaan handphone, penggunaan handphone juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih handphone, khususnya bagi pelajar anak-anak jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan handphone secara permanen.

4. Rawan terhadap tindak kejahatan

Pelajar merupakan salah satu target utama dari para penjahat karena penjahat lebih mudah menarik perhatian pelajar.

5. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa.

Dengan kemampuan penyampaian informasi yang semakin mudah, pornografi pun merajalela. Sehingga handphone menjadi salah satu sarana yang paling mudah untuk membuka internet. Jika tidak ada kontrol dari guru ataupun orang tua, handphone dapat digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno, ataupun tindakan kekerasan yang sama sekali tidak layak untuk dilihat oleh pelajar.

6. Pemborosan

Dengan mempunyai handphone, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau handphone hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, maka hanya akan menjadi pemborosan aja.

7. Penipuan

Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Handphone dan internet tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak memperdulikan hal ini atau mengonfirmasi, informasi yang didapatkan pada penyedia informasi.

8. Membuat kerja otak anak menjadi lambat

Salah satu penelitian terbaru tentang dampak negatif ponsel baru-baru ini dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Australia, Inggris, dan Belanda dan dipublikasikan di international journal of Neuroscience, dalam rilisan yang dimuat di jurnal itu dikatakan bahwa penggunaan handphone bisa mempengaruhi fungsi kerja otak manusia. Salah satu dampak negatifnya adalah melemahnya daya kerja otak atau istilah anak muda sekarang lemot (lemah otak). Penelitian ini melibatkan setidaknya 300 orang yang diteliti dalam jangka waktu yang cukup panjang, yakni 2,4 tahun.

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis saya terhadap beberapa sumber yang menulis tentang dampak telepon genggam bagi siswa yaitu bahwa handphone cukup menunjang pada hasil belajar siswa namun sebagiannya tidak karena tidak sedikit mereka lebih mementingkan handphone dari pada belajarnya.

E. Saran

Berdasarkan hasil analisis maka saya menyarankan:

a. Perlunya peningkatan peraturan sekolah mengenai penggunaan handphone di area sekolah khususnya di dalam kelas karena sangat berpengaruh terhadap karakter siswa serta prestasi belajar siswa.

b. Untuk para siswa harus adanya kesadaran dari dirinya sendiri untuk mengurangi penggunaan handphone demi prestasi yang akan dicapai dan juga untuk masa depan.

c. Untuk para orangtua dari siswa harus bersikap tegas dalam pengawasan anaknya terhadap penggunaan telepon genggam dirumah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Dengan segala plus minusnya tidak dapat dipungkiri telepon genggam tidak bisa dihindari. Keren bu

23 Oct
Balas

Gawai seperti sebuah pisau. Tergantung bagaimana memanfaatkan. Mantap Bu ulasannya

23 Oct
Balas

Anda para guru/kepala sekolah yang ingin bergabung dan punya banyak teman sesama guru bisa bergabung Group Telegram di sini. 1. Guru Indonesia : Jumlah anggota 2356 orang 2. Ruang Belajar Bersama : Jumlah anggota 4608 orang 3. Zenius Indonesia : Anggota 741 orang 4. Guru Digital : Jumlah anggota 1273 orang 5. Guru Hebat SMK Indonesia : Jumlah anggota 4264 orang 6. Zenius untuk Guru : Jumlah anggota 5002 orang 7. Hafecs Indonesia: Jumlah anggota 7689 orang 8. The Best Teacher: Jumlah anggota 4532 orang 9. P3GTK Kemdikbud: Jumlah anggota 832 orang 10. Teachers Talk Leadlns : Jumlah anggota 1203 orang 11. Bung Hatta Muda: Jumlah anggota 1112 orang 12. Krui Pembelajar: Jumlah anggota 1136 orang 13. Info Diklat Guru: Jumlah anggota 65.000 orang 14. Inovasi Kepala Sekolah: Jumlah anggota 422 orang 15. Literasi Berimbang: Jumlah anggota 1240 orang 16. KGB Mojokerto: Jumlah anggota 1566 orang Jumlah Total yang bisa diajak berdiskusi adalah : 101.861 Mungkin masih banyak lagi yang saya tidak bergabung. Cukup untuk jadi pembaca tulisan kita di Blog yang kita punya.Semoga bermanfaat

23 Oct
Balas

TERIMA KASIH PAK BU

27 Oct
Balas



search

New Post