Yetradevi, S.Pd

Yetradevi, S.Pd. Guru SMPN 5 Bukittinggi Sumatera Barat mata Pelajaran IPA ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Dendeng Kecap

Dendeng Kecap

Tantangan Gurusiana Hari ke 84

Oleh: Yetradevi, S.Pd

Guru SMPN 5 Bukittinggi

 

    Aku teringat saat itu aku masih sekoalh Dasar dan bapakku sedang aktif bekerja ASN. Tiap bulan kantor bapakku mengadakan acara Darmawanita. Ibuku selalu hadir jika ada acara Darmawanita. Waktu itu acara Darmawanita degan agenda kegiatan adalah memasak. Salah satu pegawai kantor bapakku yang mengisi acara memasak tersebut. Masakan yang buat adalah “Dendang Kecap”. Mungkin semua orang sudah pernah membuatnya dengan nama masakan yang berbeda. Tetapi bagi ibuku baru mendapatkan menu baru. Ibuku sangat senang jika kegiatan Darmawanita dengan acara masak measak, agar menu makanan untuk keluarga kami juga bertambah. Setelah selesai acara, masing-masing anggota darmawanita dapat membawa hasil masakan dendeng Kecp 3 potong seorang untuk di bawa pulang.

    Sampai di rumah ibuku mengeluarkan Dendeng kecapnya dan kami berebut untuk mencobanya. Ku rasakan memang enak dan semua saudaraku juga menyatakan enak. Besoknya ibu pergi kepasar untuk membeli daging dan bahan Dendeng Kecap lainnya. Dibuat dendeng kecap oleh ibuku untuk menu siang. Mungkin karena ibu yang membuat segala bahannya di lengkapi dan di sempurnakan ukuran,  sehingga menjadi menu Favorit di keluarga kami.

Adapun bahannya adalah

1.    Daging di iris dendeng  1 kg

2.    Tomat merah diiris ½ kg

3.    Cabe giling agak kasar 2 ons

4.    Bawang iris 1 ons

5.    Asam jawa 2 buah

6.    Bawang putih giling ½ sd Makan

7.    Jahe 1/3 sd makan

8.    Air 2 liter

9.    Minyak penumis

10. Kecap 10 sendoh makan(suka-suka)

11. Air Asam jeruk 1 sd makan( 2 iris)

12. Garam secukupnya

 

 

Cara membuat

 

1.    Rebus daging dengan air, masukkan bawang putih, jahe dan asam jawa dan garam.

2.    Setelah daging empuk dan sisakan air untuk kuahnya, angkat dan daging di potong-potang lalu dimemarkan.

3.    Panaskan minyak lalu goreng daging sebentar sambil diaduk-aduk.

4.    Goreng bawang sampai harum lalu masukkan cabe tunggu sampai masak.

5.    Masukkan daging  aduk dan masukkan air rebusan daging(keluarkan biji asam jawa)

6.    Setelah mendidih masukkan kecap, garam dan air perasan asam jeruk.

7.    Coba rasanya rame-rame: Manis asam dan pedas    

 

 

 Selamat mencoba                                                 

 

 

 

Bukittinggi, 27 Agustus 2020                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         

  

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih resepnyo buk, Sukses buk

27 Aug
Balas

Sama-sama bunda

28 Aug



search

New Post