Yetradevi, S.Pd

Yetradevi, S.Pd. Guru SMPN 5 Bukittinggi Sumatera Barat mata Pelajaran IPA ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Opor Ayam Ala Bundo

Opor Ayam Ala Bundo

Tantangan Gurusiana Hari ke 80

Oleh: Yetradevi, S.Pd

Guru SMPN 5 Bukittinggi.

Pagi itu aku akan ke pasar unutk membeli menu makan keluarga. Setiap akan ke pasar kebingungan apa yang mau di masak. Dibuka gaway ku cari akun menu masak. Ku baca “cara memasak Opor Ayam”. Cara membuatnya menurut aku sangat sederhana dan tidak memakai cabe merah. Tetapi belum pernah membuatnya terasa berat untuk memulai. Karena sudah kebingungan dengan menu makan sehari-hari, ku coba pula untuk membuat Opor Ayam. Apakah keluargaku suka atau tidaknya dilihat nanti setelah masak. Karena selama ini ayam ku masak hanya dengan proses biasa saja, digulai dan digoreng biasa pakai cabe atau pakai tepung dan sambal.

Ku lanjutkan ke pasar membeli ayam potong beserta bumbu-bumbunya. Kuberanikan memasaknya walau bumbunya tidak ada cabe. Menu masak keluarga hari itu ku namai “Opor Ayam Ala Bundo”. Selain bumbu yang ada dalam medsos tersebut, ku tambahkan lagi dedngan bumbu lain agar lebih enak dan ayam tidak terasa amis. Tidak ada memakai atau menambahkan micin/vetsin penyedap rasa.

Bagi ibu-ibu cantik, mari istirahatkan jemari nya sebentar dari tuts keyboardnya atau tuts gawaynya untuk mencoba masak Opor Ayam Ala Bundo dengan bahan dan caranya sebagai berikut:

Bahan : *

a. A. 1 ekor ayam sudah potong

b. B. 1 sm bawang putih giling halus

c. C. 1, 5 sm bawang merah giling halus

d. D. 1 st jahe halus

e. E. 1 sendok makan laos(lengkuas) giling halus

f. F. 1/3 st kunyit giling giling halus

g. G. 1 sm kemiri giling halus

h. H. 3 lembar daun salam

i. I. 2 batang serai

j. J. 4 lembar daun jeruk

k. K. 1 lembar daun kunyit

l. L. 1 sm merica bubuk

m. M. 1 sm ketumbar bubuk

n. N. 3 buah asam kandis

o. O. 1/ 2 ons Bawang goreng

p. P. 15 buah Cabe hijau di belah

q. Q. ½ gelas Minyak penumis

r. R. 3 gelas air

s. S. 2 gelas santan

t. T. Garam secukupnya

Catatan

Sm ......sendok makan

St......... sendok teh

Cara membuat

1. Ayam dibersihkan dan di potong besarnya menurut selera

2. Tumis bumbu b sd k sampai harum, masukkan air, setelah mendidih masukkan ayam, merica dan ketumbar, Masak sampai ayam masak dan air tinggal setengahnya.

3. Terakhir masukkan santan, asam kandis, cabe hijau dan garam

4. Menghidangkan taburi dengan bawang goreng

5. Selamat menikmati

Keluarga ku menikmati opor ayam buatanku. Entah enak atau tidak aku tidak mendengar pujian dari keluargaku. Atau terlampau enakkah sehingga lupa mengelurkan kata pujian( merasa ge er). Tetapi buktinya opor yang ku hidangkan dalam piring tiada sisa. Bahkan anak bujangku yang doyan ayam sampai 2 kali nambah nasi. Hatiku senang melihat semua anggota makan dengan lahapnya

Bukittinggi, 23 Agustus 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow, nikmatnya opor ayam Bunda. Sukses selalu dan barakallahu fiik

23 Aug
Balas

Nikmatnya pagi-pagi disuguhi opor ayam... Mantap Bu. Sukses selalu.

23 Aug
Balas



search

New Post