yetti laswita putri

Saya anak ketiga dari empat bersaudara. Dari pasangan jasman khatib dan nurasman. Pada tanggal 27 desember 1979 di tanjung gadang. Masa kecil kulal...

Selengkapnya
Navigasi Web

makna tahun baru islam

21 Agustus 2020

Tantangan ke 5

#Tantangangurusiana ke 5#

Tahun baru islam jatuh setiap tanggal 1 bulan Muharram berdasarkan penanggalan hijriyah yang sudah di tetapkan sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Dimana pada bulan Muharram pahala setiap amalan ibadah kita dilipatgandakan.maka dari itu kita sebagai umat islam idealnya harus memperbanyak amalan ibadah kita.

Peringatan tahun baru islam memiliki makna :

1. Hijrahnya Nabi Muhammad SAW

1 Muharram diperingati sebagai pengingat penting saat Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekah ke Madinah yang kemudian melahirkan agama islam. Setelah Nabi Muhammad SAW hijrah islam mengalami perkembangan pesat dan semakin menyebar hingga ke Mekah dan wilayah sekitarnya.

2. Bentuk perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat

Tahun baru islam bisa kita maknai sebagai semangat perjuangan yang tak kenal lelah dan putus asa dalam menyebarkan agama islam oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Meskipun banyak tantangan dan rintangan, Nabi Muhammad SAW dan sahabat tak pernah menyerah. Bahkan Nabi muhammad SAW Hijrah ke Madinah meninggalkan tempat kelahirannya, saudara, dan harta bendanya, hanya agar bisa memenuhi perintah dan wahyu yang diberikan Allah SWT.

3. Instropeksi diri

Pergantian tahun baru islam bisa kita maknai sebagai momen untuk instropeksi diri. Seiring berjalannya waktu , diharapkan kita sebagai umat islam agar selalu memperbanyak muhasabah diri atas segala tindakkan dan prilaku yang selama ini kita lakukan.

Maka dari itu dengan datangnya tahun baru islam, hendaknya kita semakin memperbanyak menginngat Allah SWT atas semua karunia yang telah kita terima selama kita menjalani kehidupan. sebagai wujud syukur kita atas nikmat dan hidayah yang telah kita terima, serta berharap semoga wabah yang melanda saat ini segera di sirna oleh Allah SWT. Karena kita yakin apabila Allah SWT berkehendak, pasti akan terwujud

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post