Yetti Muryati Tanjung

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Yuk! Kita Nge-blog (Tantangan Menulis 30 Hari) Hari keempat

Yuk Kita Nge-blog Rame-Rame

 

Berbagi ilmu itu bukan hanya pekerjaan guru saja. Kita tidak perlu menunggu menjadi seorang ahli untuk berbagi ilmu.  Siapa pun kita, apa pun pekerjaan kita berbagi ilmu adalah hak kita sebagai seorang insan.

Di zaman serba digital ini, ketika dunia seakan tanpa batas, internet dapat dijadikan sarana bagi kita untuk berbagi ilmu. Ilmu yang kita bagikan di internet tidak hanya akan tersebar di negara sendiri, tetapi akan tersebar juga ke seluruh dunia. Dengan demikian, ilmu yang kita bagikan di internet mempunyai jangkauan yang sangat luas.

Salah satu media online yang dapat kita jadikan sebagai media berbagi ilmu adalah blog. Blog merupakan salah satu jenis website yang isinya dapat kita kelola secara pribadi. Berbagai tulisan, gambar, video dapat kita unggah ke dalam blog. Secara singkat blog merupakan buku harian dalam bentuk digital yang bisa dilihat oleh masyarakat luas.

Menulis di blog atau nge-blog adalah hal yang mudah. Ketika kita akan menulis di blog mulailah menulis peristiwa yang kita alami sehari-hari. Misalnya, ketika kita makan siang di sebuah warung gado-gado, fotolah gado-gado yang kita pesan kemudian unggah ke blog dengan ditambahkan narasi singkat mengenai gado-gado tersebut. Jangan lupa kita cantumkan dalam narasi tersebut nama penjual serta lokasi warung. Hal ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi masyarakat dalam hal kuliner. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan blog. Isilah blog kita dengan konten-konten yang bermanfaat, misalnya dengan membagikan tips-tips merawat rambut bagi hijaber, cara mencangkok tanaman, atau cara menangkal virus corona. Hindari konten-konten yang menyangkut masalah SARA karena pembaca blog kita berasal dari berbagai kalangan dengan latar belakang yang berbeda-beda. Menulislah di blog secara rutin. Hal ini dapat mengasah kemampuan menulis kita, blog disukai oleh pengunjung tetap, dan blog lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Menulis di blog memiliki beberapa kelebihan. Kita dapat menulis kapan saja sesuai dengan waktu senggang yang kita miliki.  Menulis di blog juga dapat dijadikan sarana belajar untuk menjadi penulis yang baik. Selain itu, menulis di blog dapat membantu kita untuk menyuarakan opini tentang suatu hal, yang terkadang sulit kita ungkapkan di media lain. Kelebihan lain menulis di blog adalah kita dapat berkenalan dengan penulis-penulis blog yang lain dalam acara-acara khusus penulis blog atau blogger. Bagi seorang pengusaha, blog dapat dijadikan media untuk mempropagandakan produk yang akan didagangkan.

Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa menulis di blog merupakan cara mudah untuk berbagi ilmu. Jejak digital yang kita torehkan di blog membantu kita menjadi manusia yang lebih bermakna bagi orang lain. 

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post