Yoga Anunggita

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

5 Unsur Substansi Bela Negara

1. Cinta terhadap tanah air

Kesadaran bela negara pada setiap warga negara didasarkan pada kecintaanya terhadap tanah air. Cinta tanah air dapat diwujudkan dengan cara mengetahui sejarah negara dan melestarikan budaya, serta menjaga lingkungan dan nama baik bangsa dan negara. Cinta tanah air berarti bangga menjdai bagian dan bertempat tinggal di negaranya.

2. Kesadaran berbangsa dan bernegara

Kesadaran berbangsa dan bernegara merupakan sikap yang sesuai dengan kepribadian bangsa. Hal ini dikaitkan dengan cita-cita bangsanya. Dapat mewujudkannya dengan cara mencegah persilisihan antar orang perorangan atau antar kelompok. Selain itu juga menjadi warga negara yang berprestasi.

3. Menyakini Pancasila sebagai ideologi Negara

Ideologi merupakan warisan dan hasil perjuangan para pahlawan yang dijadikan sebagai identitas nasional. Pancasila sebagai alat pemersatu keberagaman yang ada di Indonesia yang memiliki keberagaman unsur budaya, agama, etnis, dan sebagainya. Nilai-nilai Pancasila ini yang mematahkan setiap ancaman, tantangan, dan hambatan negara.

4. Rela berkorban untuk bangsa dan negara

Rela berkorban untuk bangsa dan negara yaitu bersedia dengan ikhlas dan sepenuh hati memberikan dan melakukan apa yang bisa untuk kemajuan, kemakmura, dan kesejahteraan negara.

5. Memiliki kemampuan awal bela negaraa

Salah satu unsur bela negara yang lain adalah memiliki kemampuan bela negara itu sendiri. Kemampuan bela negara setiap orang berbeda-beda. Seperti yang kita tahu bahwa, masyarakat merupakan komponen pendukung pertahanan dan keamanan negara. Masyarakat bisa melakukan bela negara sesuai dengan profesi yang ditekunianya dengan bekerja disiplin, ulet dan kerja keras.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

03 Dec
Balas



search

New Post