Yonal Regen

Menjadi guru penulis adalah suatu keniscayaan, semoga jejak kita tidak hanya di kelas semata, tapi akan tetap abadi dengan literasi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kenapa Harus Al-kahfi?

Kenapa Harus Al-kahfi?

Setiap agama samawi mempunyai hari special, hari yang khusus dan agung, satu hari dalam satu minggu. Seperti halnya Yahudi dengan hari sabtu, Nasrani dengan ahadnya, dan umat Islam dengan hari Jum’at.

Hari jum’at bagi umat islam sendiri dikenal dengan sayyidul ayyam, atau rajanya hari. Banyak amalan yang disunahkan untuk dilaksanakan pada hari jum’at sesuai dengan yang di contohkan oleh nabi. Salah satu amalan yang direkomendasikan adalah membaca surat Al-kahfi, sesuai dengan keterangan bahwa nabi selalu mendawamkan hal tersebut.

Tapi fenomena di Indonesia, mayoritas surat yasin adalah pilihan umat untuk di baca pada malam atau hari jum’at, di barengi dengan do’a atau tahlil. Kenapa surat yasin?. Karena memang ada beberapa keterangan tentang faedah membaca yasin pada malam jum’at dan juga keterangan bahwa nabi pun melaksanakan hal tersebut. Pada keterangan lain yang lebih detail, betul nabi membaca yasin pada malam jum’at, tapi tidak hanya malam itu, tetapi juga nabi membaca surat yasin setiap malam.

Jadi, mana yang harus kita baca?

Selama kita berpegang pada amalan yang bersandar pada keterangan yang bisa dipertanggung jawabkan, just fine. Baik al-kahfi atau yasin yang kita baca, yang perlu di garis bawahi adalah niat kita, jangan lupa ber-azam dalam hati bahwa setiap bacaan yang kita dengungkan semata-mata hanya karena Allah.

Tapi juga akan menjadi sangat lebih baik, jika niat baik kita disertai dengan pedoman rujukan ibadah. Bahwa bacaan al-qur’an kita bukan hanya mengikuti kultur dan kebiasan masyarakat pada hari jum’at, tapi memang ada fakta shoheh bahwa kebiasan itu dilaksanakan oleh rasullulah, sehingga menjadi amalan sunnah untuk umatnya.

Jika masih bingung untuk memutuskan, bagaimana jika di baca dua-duanya saja?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Baiklah Om Haji...

06 Jun
Balas

siap lanjutkan...

06 Jun

Keren pak. Sangat bermanfaat.

05 Jun
Balas

terima kasih bu nelfia

05 Jun

terima kasih bu nelfia

05 Jun

Aamiin yrabb..

05 Jun
Balas

terima kasih bu sasra

05 Jun

terima kasih bu sasra

05 Jun

InsyaAllah.. IstiqomahSalam literasi

06 Jun
Balas

aamiin, semangat bu indri

06 Jun
Balas



search

New Post