YONANDA APRISIA

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Kepanikan Dikala Sekolah Diliburkan

#tagur hari ke-4

Selaku Guru Tahfidz tentunya menjadi tantangan baru untuk saya mengajarkan Al-Quran kepada peserta didik ditengah pandemi saat ini.

Dimana saya harus lebih berusaha semaksimal mungkin untuk menghilangkan kecanduan gawai dalam diri peserta didik saya dikarenakan sudah lama tidak belajar secara tatap muka.

Ditambah lagi mengajarkan Al-Quran ini bukanlah perkara mudah, karena salah satu huruf yang guru ajarkan maka guru akan mendapatkan dosa akan hal itu.

Dan peserta didik pun tidak bisa sekedar hanya diberi tugas rumah layaknya pelajaran umum. Dalam pembelajaran Al-Quran ini peserta didik harus dibimbing secara langsung agar tidak terjadi kesalahan dalam bacaan Quran mereka.

Tentunya ini bukan tantangan yang mudah bagi saya sebagai guru honorer baru di salah satu sekolah Negeri Kota Pariaman, namun sebagai seorang guru saya tidak akan berputus asa.

Guru pasti selalu mempunyai jalan kreatif dan inovatif untuk membuat anak tetap belajar.

Saya pun memulai mencari jalan keluar agar peserta didik bisa setoran hafalan dan memperbaiki bacaan Quran secara langsung.

Akhirnya saya menjadikan aplikasi Zoom Meeting sebagai sarana belajar saya bersama peserta didik saya. Sehingga saya bisa mendengar langsung dan memberi materi bacaan Quran secara langsung untuk seluruh peserta didik saya, dan aplikasi ini pun sangat membantu karena dapat menggabungkan banyak orang di dalamnya.

Walaupun masih ada halangan karena sinyal yang tidak mendukung, anak yang tidak memiliki smartphone, tidak mengerti cara mengaplikasikannya namun sedikit banyaknya aplikasi ini sudah banyak membantu untuk membuat peserta didik saya tetap belajar dan menghafal Al-Qur'an.

Sesungguhnya Allah mengetahui kesusahan yang dirasakan hambanya. Namun Allah menenangkan kita dengan diturunkan surat Al-insyirah. "Sesungguhnya didalam kesulitan pasti ada kemudahan, Maka sesungguhnya dalam kesulitan pasti ada kemudahan" (Ayat 5 dan 6)

Mudah-mudahan Pandemi ini segera berakhir.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post