Yosephine Ida Khrisnamurti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
ENERGI POSITIF SAGUSABU
SAGUSABU: Wonosobo Menuju Budaya Literasi

ENERGI POSITIF SAGUSABU

Menulis buku? Membayangkan saja sudah terpikir betapa sulitnya. Banyak pertanyaan berkecamuk di benak. Bagaimana cara menulis yang baik, bagimana nanti kalau bukunya sudah jadi, bagaimana cara menerbitkannya adalah beberapa pertanyaan yang selalu berputar di kepala. Akhirnya pertanyaan itu terjawab di Satu Guru Satu Buku (SAGUSABU). Pemikiran buntu tentang sulitnya menulis terpecahkan di sini.

SAGUSABU merupakan gerakan guru menulis yang diprakarsai oleh Media Guru Indonesia. Melalui SAGUSABU diharapkan setiap guru mampu menghasilkan satu karya tulis berupa buku. Bertempat di Rumah Makan Sari Rasa Wonosobo tak kurang dari 130 guru berkumpul untuk belajar menulis. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Forum Ilmiah Guru Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Wonosobo bekerja sama dengan Media Guru.

Berkumpul dengan teman-teman, yang sebagian besar guru, di forum ini memberikan energi positif. Semangat yang dibawa teman-teman calon penulis (juga yang telah menjadi penulis) menular dalam diri sehingga di dalam hati berkobar-kobar keinginan untuk menulis. Benar apa yang disampaikan Bapak Muhamad Ihsan, Pemimpin Umum Media Guru Indonesia, yang mendampingi kami di SAGUSABU, bahwa menulis tidaklah sulit. Hanya diperlukan semangat dan komitmen yang kuat untuk menulis. Ketiadaan ide justru dapat menjadi ide yang menarik untuk dituangkan dalam tulisan. Menulis adalah kegiatan menyampaikan ide atau gagasan, menunjukkan fakta, membujuk, mendidik, dan menghibur. Tujuan menulis sebenarnya adalah berkomunikasi dengan pembaca sehingga tulisan yang dihasilkan hendaklah tulisan yang komunikatif. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan menulis, di antaranya adalah mengetahui kemampuan dan potensi diri serta menambah pengetahuan tentang topik yang dipilih. Dengan mengembangkan topik itu kita dipaksa berpikir, menggali pengetahuan, dan pengalaman yang tersimpan di bawah sadar. Menulis merupakan sarana mengembangkan potensi diri. Dengan menulis pengetahuan akan bertambah karena orang yang menulis pasti membaca, tetapi orang yang membaca belum tentu menulis.

Semoga energi positif SAGUSABU membangkitkan semangat menulis dan memberikan yang terbaik untuk meningkatkan budaya literasi di negeri ini. Salam Literasi!

SAGUSABU Wonosobo

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga energi positif yang dapat membangkitkan semangat literasi, tahan lama dan semakin besar. Tidak cepat habis hehe.. salam literasi mbak Ida.

29 Apr
Balas

ijinkan saya belajar dari bu Eko ya....

29 Apr
Balas



search

New Post