Yosi Marantika

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pengaruh lingkungan terhadap anak

Pendidikan merupakan jembatan kesuksesan di masa depan. Pendidikan sangatlah penting bagi generasi penerus bangsa. Dengan pendidikan anak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang boleh dikerjakan mana yang tidak. Namun masih banyak anak usia sekolah belum memahami arti pendidikan yang sebenarnya. Mereka berpikir cukup pergi kesekolah setelah itu pulang padahal pendidikan juga bisa didapat dari lingkungan sekitar.

Lingkungan sekitar sangatlah berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian anak, mereka lebih suka bolos ke sekolah ataupun nongkrong di warnet dari pada belajar bersama-temannya. Kenakalan remaja sekarang sudah sangat meresahkan.

Yang menyebabkan kenakalan remaja bisa dari faktor internal dan juga faktor eksternal. Faktor internal bisa didapat dari cara keluarga mendidik si anak. Orang tua mendidik dengan cara kekerasan, sehinga anakpun akan berlaku keras terhadap teman sebaya. Akhirnya dia dikucilkan karena tidak bisa bergaul dengan baik. Bisa juga orang tua yang terlalu sibuk. Dijaman sekarang tidak hanya bapak yang bekerja, namun seorang ibupun membantu mencari nafkah. Pergi pagi pulang sore dengan alasan kebutuhan hidup yang semakin tinggi. Sehinga mereka merasa kesepian ketika pulang ke rumah. Padahal sosok ibu sangatlah dibutuhkan oleh anak.

Faktor ekternal yang sangat mempengaruhi karakter anak. Jika salah memilih teman maka akan terjurumus kedalam kegiatan yang negatif. Seperti narkoba dan sek bebas. Yang paling trend saat ini ikut geng motor. Dan paling meresahkan orang tua tentu saja game online, jika sudah kecanduan mereka rela menghabiskan waktunya bahkan tidak berangkat ke sekolah hanya untuk nongkrong di warnet.

Disinilah kita harus berperan aktif sebagai orang tua ke dua. Kita ajak orang tua si anak berdiskusi untuk mencari solusi yang terbaik. Arahkan bakat dan minat si anak. Sebagai orang tua sesibuk apapun berikan waktu untuk sianak. Jadilah teman curhat sehinga anak tak merasa diabaikan. Ajaklah bicara dari hati ke hati tampa ada kekerasan yang akan terekam di memori si anak sampai kapanpun. Jika semua kehidupan kita sudah selaras, anak pasti akan tahu di mana tempat yang nyaman bagi dirinya.

Batam

010419

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post